Sukses

Ancaman Badai Arthur Warnai Hari Kemerdekaan AS

Menurut perkiraan badan cuaca setempat, badai akan mendarat di sekitar Cape Lookut dan Beafort pada pukul Jumat pukul 23.15 waktu setempat.

Liputan6.com, California - Pada perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat diperkirakan akan terjadi bencana Badai Arthur di California utara. Topan kategori 2 itu berpotensi menghancurkan apa saja yang dilewatinya.

Menurut perkiraan badan cuaca setempat, badai akan mendarat di sekitar Cape Lookut dan Beafort pada pukul Jumat pukul 23.15 waktu setempat.

Badai Arthur disinyalir akan terus bergerak dengan kecepatan 160 kilometer per jam. Namun setelah melewati North Carolina, yang menjadi salah satu lokasi liburan favorit, pusaran angin kencang itu diperkirakan melemah. Demikian seperti dilansir BBC, Jumat (4/7/2014).

"Upaya persiapan untuk menghadapi terjangan Badai Arthur semakin sulit, karena para wisatawan berdatangan. Hujan serta angin kencang dikabarkan mulai melanda sekitar wilayah pantai," ucap Gubernur North California, Pat McCrory.

Meskipun hal ini belum terjadi, lanjut McCrory, ia ingin agar semua mempersiapkan diri atas kedatangan angin super itu.

"Perhatian utama kami, adalah pada keselamatan dan kesehatan warga kami, dan orang-orang yang mengunjungi North Carolina. Jika badai bergerak ke arah utara, banyak distrik yang akan dinyatakan dalam situasi darurat," jelas McCrory.

Sejauh ini, sejumlah tempat penampungan telah dibuka dan perintah evakuasi telah dikeluarkan khususnya bagi warga yang tinggal di daratan rendah.

Pusat Badan Nasional juga sudah mengeluarkan peringatan, para warga diminta untuk tidak dekat dengan daerah sekitaran pantai.

Diperkirakan, Badai Arthur akan menerjang lewat tengah malam nanti. Badai ini juga akan berdampak ke wilayah Nova Scotia, Kanada yang berada di bagian utara AS. (Safira Badri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.