Sukses

Roket Taliban Hancurkan Helikopter Presiden Afghanistan

Sebelumnya bom diledakkan di bus milik Angkatan Udara Afghanistan hingga menewaskan 8 pejabat militer di Kabul

Liputan6.com, Kabul - Taliban melancarkan serangan ke Bandara Internasional Kabul, Afghanistan. Kelompok militan tersebut meluncurkan roket dalam serangan melawan militer Afghanistan. Akibatnya helikopter milik Presiden Afghanistan Hamid Karzai hancur lebur.

Komandan Angkatan Udara Afghanistan Abdul Wahab Wardak mengatakan, Taliban meluncurkan 2 roket pada Kamis 3 Juli 2014 kemarin. Namun hanya 1 yang meledak.

"Serangan tersebut menghancurkan helikopter buatan Rusia milik Presiden," ujar Wardak, seperti dimuat Press TV, Jumat (4/7/2014).

"Tak ada korban jiwa akibat serangan tersebut," imbuh dia. Tak dijelaskan apakah Pak Presiden ada di sana saat roket diluncurkan.

Dia menjelaskan, bandara internasional tersebut merupakan salah satu lokasi yang dijaga ketat oleh pasukan militer, selain sejumlah tempat penting lainnya.

Sebelumnya bom diledakkan di bus milik Angkatan Udara Afghanistan hingga menewaskan 8 pejabat militer di Kabul, Rabu 2 Juli lalu.

Pada 2001, pasca serangan 9/11, Amerika Serikat dan sekutunya, militer Afghanistan melancarkan invasi besar-besaran demi merontokkan kekuasaan Taliban di negeri Timur Tengah tersebut.

Saat ini, usai Washington berencana menarik pasukannya secara bertahap pada akhir tahun. Presiden AS Barack Obama mengisyaratkan untuk mengakhiri perang panjang AS melawan Taliban di Afghanistan, sebelum masa jabatan keduanya berakhir pada 2016.

"Kita tidak akan lagi melakukan patroli di kota-kota Afghanistan. Itu merupakan tugas warga Afghanistan," ujar Obama.

Sementara Taliban kembali menunjukkan taringnya dengan melancarkan sejumlah serangan dalam beberapa hari terakhir. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.