Sukses

Gaya Hidup Malam Tingkatkan Risiko Sakit Bagi Anak Muda

Zat karbon monoksida dalam rokok dapat menggeser kadar oksigen dalam darah dan udara menjadi berkurang drastis

Citizen6, Jakarta Aktivitas dunia malam kini didominasi anak muda. Seperti nongkrong, karaoke dan clubbing hingga larut malam sudah menjadi gaya hidup para anak muda jaman sekarang. Bagaimana kondisi kesehatan anak muda di masa yang akan datang dengan gaya hidup yang seperti itu?

Dr. Juzni Alkatiri Sp.PD, Sp.JP beberapa waktu lalu mengatakan, aktivitas para anak muda yang buruk seperti merokok, alkoholic, sering pergi ke club dan pulang larut malam akan menaikkan risiko terkena penyakit organ dalam khususnya jantung di usia muda (kurang dari empat puluh tahun). 

Hal ini dipicu dari zat-zat yang merusak kesehatan di dalam rokok, alkohol dan jam tidur yang tidak teratur. Perempuan berjilbab ini menambahkan," anak muda jaman sekarang mengganggap rokok, alkohol,  nongkrong hingga pagi dan clubbing merupakan hal yang dianggap keren dan juga dipercaya bisa melepaskan stress yang mereka hadapi.

Menurutnya, zat karbon monoksida dalam rokok dapat menggeser kadar oksigen dalam darah dan udara menjadi berkurang drastis sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang akan terjadi pada saluran peranakan, ginjal, jantung dan otak. Tidak hanya itu aktivitas dunia malam juga tidak lepas dari minum-minuman keras menyebabkan kerusakan syaraf, kanker hati dan mengganggu sistem kekebalan dalam tubuh.

Beliau juga mengatakan bahwa pukul 23.00 sampai 05.00 adalah waktu yang terbaik untuk beristirahat karena tubuh melakukan de toxin atau pembuangan racun-racun yang tidak berguna di dalam tubuh di bagian paru-paru, hati & usus. Dokter juzni juga berbagi pengalaman telah beberapa kali menangani kasus penyakit jantung yang terjadi di usia muda.

Untuk itu beliau yang pernah menjadi konsultan kesehatan jantung di kota Makassar ini memberikan himbauan kepada para anak muda agar bisa menjaga pola hidup yang sehat, tidak merokok, menjauhi alkohol, cukup beristirahat, menjaga siklus jam tidur yang baik untuk de toxin dalam tubuh, makan makanan yang sehat dan rutin berolahraga. Hal ini perlu dilakukan tidak hanya  untuk jantung yang sehat tetapi untuk kehidupan dimasa mendatang yang lebih baik lagi. Alangkah baiknya kita bisa menjaga kesehatan untuk masa yang akan datang.

Penulis:

Yordis victory
 
Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini