Sukses

Ternate Diguncang Gempa 5 Skala Richter

Lokasi gempa berada di 125 kilometer barat laut Ternate.

Liputan6.com, Ternate - Gempa tektonik berkekuatan 5 skala Richter (SR) mengguncang Ternate, Maluku Utara. Guncangan terjadi sekitar pukul 16.14 WIT.

Lokasi gempa berada di 125 kilometer barat laut Ternate. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon George Mahubessy mengatakan, pusat gempa di 1.35 lintang utara dan 126.34 bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer di bawah laut.

Maluku Utara merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia yang masuk ke bawah lempeng Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan. (Ant/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • maluku

  • ternate