Sukses

Presiden SBY Lantik 354 Perwira Baru TNI

Para perwira remaja TNI itu masing-masing merupakan lulusan Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, dan Akademi Angkatan Laut.

Liputan6.com, Yogyakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan melantik 453 perwira remaja TNI tahun 2014. Para perwira remaja TNI itu masing-masing merupakan lulusan Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, dan Akademi Angkatan Laut.

Presiden melantik para perwira remaja itu dalam sebuah upacara Prasetya Perwira yang berlangsung di Lapangan Dirgantara Kompleks Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Kamis (26/6/2014). Pelantikan digelar pukul 09.00 WIB. Setiap tahun, lokasi upacara Prasetya Perwira digilir di antara ketiga akademi atau angkatan secara bergantian.

"SBY  bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara Prasetya Perwira TNI 2014. Tugas ini merupakan tugas terakhir beliau selaku Kepala Negara untuk melantik para perwira. Upacara akan digelar di lapangan Dirgantara, kampus Akademi Angkatan Udara, Bumi Maguwo Yogjakarta," ujar Komandan Jenderal (Danjen)  Akademi TNI Marsekal Muda TNI  Bambang Samudro di AAU, Kamis.

Selain melantik para perwira, SBY juga akan menyematkan penghargaan Adhi Makayasa kepada 3 perwira terbaik dari masing-masing Akademi Angkatan. Bambang mengatakan, 3 perwira ini mendapat lencana tersebut karena perwira tersebut dapat melakukan prestasi yang seimbang baik dari sisi akademis juga jasmani dan mental.

"Lulusan terbaik dan memperoleh lencana Adhi Makayasa masing-masing dari Akmil atas nama Letda Inf Tegar Aji Widhiwardhana asal Ponorogo, AAL atas nama Letda Laut Egystya Pranda asal Bekasi, dan AAU Letda Lek Chandra Ari Wijaya asal Lombok NTB," ujar Bambang.

Bambang menjelaskan, penilaian kepada perwira terbaik ini dilakukan secara obyektif sesuai syarat yang telah ditentukan. 3 perwira terbaik semuanya berasal dari SMA Taruna Nusantara di Magelang.

Usai menghadiri upacara Prasetya Perwira, Presiden SBY, Ibu Ani Yudhoyono, dan rombongan akan bertolak menuju Jakarta sekitar pukul 12.25 WIB.

Sejumlah menteri yang mendampingi Presiden antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Mensesneg Sudi Silalahi, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, para Kepala Staf Angkatan, Seskab Dipo Alam, dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X. (Ant/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.