Sukses

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Cipayung

Petugas berjumlah sekitar 20 orang bersenjata lengkap langsung masuk dan menangkap terduga teroris.

Oleh: Ahmad Romadoni dan Moch Harun Syah Liputan6.com, Jakarta - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap terduga teroris di Jalan Dalang, RT 11/RW 5, Munjul, Cipayung, Jakarta Timur. Dari penangkapan itu, petugas menyita 3 pipa yang sudah diikat dengan kabel dan satu kardus buku jihad.

Anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Kelurahan Munjul, Anwar mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Selasa (24/6/2014). Petugas berjumlah sekitar 20 orang bersenjata lengkap langsung masuk dan menangkap terduga teroris.

"Yang ditangkap namanya Akbar alias Muri alias Donal. Cuma dia sendiri yang ditangkap petugas," kata Anwar di lokasi.

Lebih jauh Anwar mengatakan, petugas hanya butuh waktu satu jam untuk mengamankan Akbar. Sekitar pukul 18.00 WIB, petugas lalu membawa Akbar beserta beberapa barang bukti.

"Tadi barang buktinya ada satu kardus buku jihad, ada 3 pipa ukuran 2 inci panjangnya sekitar 15 centimeter diikat, satu senapan angin yang sudah dipretelin, sama alat kejut listrik 5 buah. Kebetulan saya tanda tangan langsung berita acaranya," lanjutnya.

Tak lama kemudian, sang istri pulang. Tapi, sampai saat ini sang istri beserta anaknya masih berada di rumah bercat biru itu. "Ada anak istrinya di dalam. Mungkin nggak berani keluar," ucapnya.

Pantauan Liputan6.com, rumah yang berada di gang sempit itu tampak gelap tak berpenghuni. Semua lampu di rumah itu tidak menyala. Hanya ada sepeda motor Honda Revo hitam B 3578 BSG yang terparkir di halaman rumah.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol Rikwanto membenarkan ada penangkapan terduga teroris di Cipayung. Menurutnya, selain terduga teroris, anggota Densus yang berjumlah 12 orang juga mengamankan barang bukti dari dalam rumah Donal.

"Ada selongsong senapan yang sudah dirakit menjadi amunisi, laptop 2 buah, pipa paralon yang sudah dirakit, buku ajaran jihad dan tasawuf berikut senapan angin," kata Kombes Rikwanto melalui pesan singkatnya, Selasa malam.

Kemudian Rikwanto mengungkapkan, terduga teroris Donal beserta barang bukti yang diperoleh Densus 88 langsung dibawa ke Mabes Polri, Jakarta, guna penyelidikan lebih lanjut.

"Donal beserta barang bukti diamankan ke Kantor Densus 88 Mabes Polri untuk pemeriksaan lebih lanjut," pungkas Rikwanto. (Ans)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini