Sukses

Titik Panas Meningkat, Riau Kembali Diselimuti Kabut Asap

Berdasarkan pantauan Satelit Terra dan Aqua milik BMKG terdapat 236 titik panas. Paling banyak masih di Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - Meningkatnya titik panas sebagai indikasi kebakaran hutan dan lahan di Riau membuat sejumlah wilayah diselimuti kabut asap. Di Kabupaten Pelalawan dan Kota Dumai, jarak pandang berkisar 3 sampai 5 kilometer.

"Sementara di Pekanbaru dan Kota Rengat, jarak pandangnya masih aman meski terlihat kabut asap tipis," kata Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo melalui pesan singkatnya, Senin (23/6/2014).

Berdasarkan pantauan Satelit Terra dan Aqua milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terdapat 236 titik panas. Paling banyak masih terdapat di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"Di Pulau Sumatera sendiri, terdapat 290 titik panas yang tersebar di beberapa provinsi. Paling banyak masih di Riau yaitu 230 titik. Dari angka itu, tingkat kepercayaan sebagai kebakaran hutan dan lahan adalah 128 titik," terang Agus.

Titik panas ini, tambahnya, tersebar di Kabupaten Bengkalis sebanyak 46, Kampar 17, Kuantan Singingi 10, Dumai 29, Pelalawan 19, Rokan Hulu 11 dan Kabupaten Siak sebanyak 7 titik.

Menurut Agus, cuaca di Riau diperkirakan cerah hingga berawan. Sementara potensi hujan ringan dan bersifat lokal masih terjadi di wilayah Riau Timur.

"Untuk suhu di Riau masih panas dan kering. Beberapa hari belakangan, terjadi peningkatan titik panas yang signifikan. Ke depannya diprediksi masih ada karena Riau dilanda musim kemarau kering," pungkas Agus. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini