Sukses

Jokowi Ulang Tahun, Pedagang Pasar Gede Solo Gelar Tumpengan

Selain para pedagang, tumpengan nasi kuning ini juga dirayakan oleh sejumlah tukang becak yang biasa mangkal di Pasar Gede Solo.

Liputan6.com, Solo - Hari ini capres Joko Widodo ulang tahun ke-53. Para pedagang dan tukang becak di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, turut merayakan hari spesial mantan Walikota Solo itu, dengan menggelar syukuran tumpengan.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Sabtu (21/6/2014) puluhan pedagang dan penarik becak yang biasa mangkal di depan pasar tersebut, membawa nasi kuning tumpeng. Mereka berkumpul di depan pasar dengan membawa poster bergambar pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Setelah pembacaan doa syukur dan keselamatan sang capres, kemudian nasi tumpeng dipotong secara perwakilan dari pedagang. Lalu dibagikan kepada para pedagang, penarik becak, serta pengunjung pasar. Dalam hitungan menit, tumpeng yang diwadahi nampan itu langsung ludes.

Salah satu pedagang buah, Suharni mengatakan tumpengan ini memang bertujuan untuk merayakan hari ulang tahun ke-53 Jokowi yang jatuh tepat pada Sabtu ini 21 Juni. Mereka mendoakan agar Jokowi terpilih menjadi presiden.

"Selain mendoakan panjang umur dan keselamatan untuk Pak Jokowi, acara tumpengan ini juga untuk mendoakan Pak Jokowi bisa menjadi presiden,"kata dia usai acara perayaan ulang tahun Jokowi di Pasar Gede, Solo, Sabtu (21/07/2014).

Suharni mengaku, saat Jokowi menjabat Wali Kota Solo sering berkunjung ke Pasar Gede menemui para pedagang. Maka itu, dia berharap jika nanti Jokowi terpilih, bisa mengayomi semua kalangan masyarakat.

"Jika Pak Jokowi jadi presiden, kami pasti sangat bangga sekali," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Senen, yang sehari-hari menarik becak di Pasar Gede. Menurutnya, acara tumpengan ini memang dilaksanakan untuk memperingati ulang tahun Jokowi.

"Acara syukuran dan bacakan diperuntukkan untuk Jokowi," ujarnya.

Senen pun ikut mendoakan Jokowi, supaya bisa terpilih menjadi presiden pada Pilpres 9 Juli mendatang. "Selain doa untuk ulang tahun Pak Jokowi, juga mendoakan pencapresan Pak Jokowi," ujar Senen berharap. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.