Sukses

Tersangka Jadi Penonton Pemusnahan Narkoba Bersuhu 600 Derajat

Para tersangka yang diamankan merupakan jaringan international dari sejumlah negara: Iran, Belanda, China, Hong Kong, Thailand dan Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya memusnahkan ratusan kilogram narkotika berjenis ganja, sabu, dan puluhan ribu pil ekstasi di wilayah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (19/6/2014).

Pantauan Liputan6.com, barang bukti diletakkan di atas meja yang berukuran panjang 4 meter. Terlihat puluhan paket ganja, sabu, serta pil ekstasi. Dua alat destilasi juga diletakkan di sana.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Eko Daniyanto mengatakan, para tersangka yang diamankan merupakan jaringan internasional dari sejumlah negara.

"Sindikat internasional, Iran, Belanda, China, Hong Kong, Thailand dan Malaysia," katanya di lokasi. Sementara itu, para tersangka pun duduk menonton barang dagangan mereka dimusnahkan dari sebuah tenda berukuran 5x3 meter.

Acara ini juga turut dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Dwi Priyatno. Mantan Kapolda Jawa Tengah itu pun memimpin proses pemusnahan dengan terlebih dahulu melakukan pengujian barang bukti tersebut.

"Baru saja kita uji bahwa narkoba asli sesuai yang telah disita dan diungkap," kata dia.

Juga hadir perwakilan Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Ketua Badan Narkotika Provinsi (BNP) DKI Jakarta Ali Johardi, serta Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan (KPP) Bea Cukai Soetta.

Setelah itu, barang bukti tersebut dimasukkan ke dalam sebuah ruangan yang sudah di-setting dengan suhu yang tinggi. Sehingga, seketika barang tersebut dimasukkan akan langsung terbakar.

"Suhunya 600 derajat. Jadi sudah di-setting. Kalau barangnya dimasukkan akan langsung terbakar," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto.

Berikut daftar narkoba dan barang terlarang yang dimusnahkan:

Narkotika
1. Ganja - 752,4 Kg
2. Shabu - 152,7 Kg
3. Ekstasi - 15347 butir

Psikotropika
1. Happy Five - 4423 butir
2. Ketamin - 4,3 Kg

Bahan pembuat sabu atau prekusor
1. Cairan HCL - 1995 ml
2. Toluene - 44995 ml
3. Methanol - 9995 ml
4. Red Fosfor - 478 gram
5. Tablet Efedrin - 390.000 butir
6. Peralatan Destilasi - 2 set

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini