Sukses

Hibur Lansia, Ahok: Tahu kepanjangan Plt? 'Pembantu Lumah Tangga'

Ahok mengatakan, orang lanjut usia membutuhkan teman yang bisa diajak mengobrol.

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke XVIII, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mencoba menghibur para lansia.

Datang ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya II Cipayung, Jakarta Timur, Ahok langsung membuat para lansia terkekeh ketika menceritakan status barunya sebagai Plt.

Ia mengatakan, jika orang memanggilnya dengan sebutan Gubernur, dapat dipastikan orang itu pendukung Jokowi. Karena jika Jokowi terpilih menjadi presiden, Basuki alias Ahok otomatis menggantikan posisi Jokowi. Namun, apabila ada yang menyebutnya Wakil Gubernur, orang itu pendukung Prabowo karena pasti menginginkan Jokowi kembali menjadi Gubernur.

"Jadi panggil saya Plt Gubernur. Tau nggak bapak ibu kepanjangan Plt? 'Pembantu lumah tangga'. Seperti iklan 'cintailah ploduk-ploduk dalam negli'. Kan orang Tionghoa nggak bisa bilang 'R'," ujarnya yang langsung disambut tawa para lansia, Rabu (18/6/2014).

"Ini latihan stand up comedy," sambungnya sambil tersenyum.

Kepada para lansia, mantan bupati Belitung Timur itu lalu menceritakan tentang kunjungannya ke Amerika Serikat pada 2008 lalu. Saat itu, kata Ahok, ia masih menjabat anggota Komisi II DPR RI. Di Negeri Abang Sam, Ahok mengaku menginap di rumah seorang kakek, 80 tahun, yang hidup sendiri.

Suatu malam, sang kakek mengatakan bahwa pacarnya akan datang mengunjunginya. Ahok sempat berpikir pacar si kakek berusia 20-an tahun. Namun yang datang adalah nenek 76 tahun dan diantar oleh anaknya. Nenek dan kakek itu mengobrol selama 1-2 jam.

"Dia bilang 'dasar orang Indonesia, senangnya cuma dengan daun muda'. Saya cerita kaya gini bukan berarti ngajarin bapak ibu buat nyari pasangan lagi. Itu kan gaya Amerika," ujarnya yang kembali membuat penghuni panti tertawa.

Ahok mengatakan, makna cerita itu adalah orang lanjut usia membutuhkan teman yang bisa diajak mengobrol. Apalagi jika anak-anaknya sibuk dan pasangan hidupnya sudah berpulang. Karen aitu Ahok mengaku senang apabila para lansia aktif dalam sebuah perkumpulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.