Sukses

Korupsi BLBU, Jaksa Periksa 2 Pejabat Kementan

Jaksa penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) R Azis Hidajat.

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) R Azis Hidajat. Pemeriksaan Aziz sebagai saksi untuk para tersangka dalam kasus dugaan korupsi Pengadaan Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU) Paket I tahun 2012 di Kementerian Pertanian.

"Diperiksa 2 saksi. R Azis Hidajat selaku Inspektur Jenderal pada Kementan RI," ujar Kapuspenkum Tony Spontana, di Kejagung, Jakarta, Senin (16/6/2014).

Selain Aziz yang diperiksa, Toni juga menyebutkan ada 1 saksi lagi yang dipanggil yakni, Udhoro Kasih Anggoro selaku Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian.

Kasus ini berawal dari rencana Kementan untuk menyalurkan padi lahan kering, padi hibrida, padi nonhibrida, dan kedelai tidak sesuai varietasnya, dan beberapa pelaksanaannya tidak sesuai dengan peruntukkannya atau fiktif.

Proyek BLBU Paket I meliputi wilayah Propinsi NAD (Nanggroe Aceh Darussalam), Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.