Sukses

Pesawat Ditembak Kelompok Pro-Rusia, 49 Tentara Ukraina Tewas

Serangan ini terjadi beberapa pekan setelah pasukan pemberontak pro-Rusia menyerang militer Ukraina di Bandara Luhansk.

Liputan6.com, Luhansk - Kondisi di Ukraina makin memanas. Serangan demi serangan antara tentara Ukraina dan kelompok pemberontak pro-Rusia terus terjadi di sejumlah daerah.

Yang terbaru, kelompok pro-Rusia dilaporkan menembak pesawat militer Ukraina. Akibatnya sekitar 49 tentara negara yang kini dipimpin Presiden baru, Petro Poroshenko itu tewas.

"Seluruh personel yang berada di pesawat, yakni sebanyak 49 orang tewas," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina Vladislav Seleznov, seperti dimuat BBC, Sabtu (14/6/2014).

Dia menjelaskan, pesawat berjenis Il-76 itu ditembak kelompok pro-Rusia di atas langit Kota Luhansk, Ukraina Timur. Burung besi kemudian jatuh dan terbakar akibat serangan tersebut.

Perwakilan dari pemerintah Ukraina menyebut serangan tersebut dilakukan para teroris dan sangat kejam. Kementerian Pertahanan negara pecahan Uni Soviet itu juga menyampaikan bela sungkawa kepada para keluarga tentara yang meninggal.

Serangan ini terjadi beberapa pekan setelah pasukan pemberontak pro-Rusia menyerang militer Ukraina di Bandara Internasional Luhansk. Pangkalan udara itu sebelumnya dikuasai oleh pihak militan, kemudian berhasil direbut kembali oleh Ukraina.

Namun sebagian wilayah di Kota Luhansk saat ini masih dikendalikan oleh pihak pro-Rusia, meski pihak militer Ukraina sudah melancarkan operasi militer anti-terorisme.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko berjanji segera memulihkan stabilitas di negaranya. Dia berharap militernya berhasil menumpas para pemberontak, paling cepat akhir pekan ini.

Amerika Serikat menyebut pasukan pemberontak tersebut dibeking oleh Rusia dan belakangan ini sejumlah tank datang dari Moskow. Namun pihak Kremlin membantah hal tersebut. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.