Sukses

Demo Anarkis Tuntut Pemekaran di Wilayah Banten Selatan

Setelah berhasil menerobos petugas, puluhan massa itu pun berlarian menuju Sekretariat DPD Banten.

Liputan6.com, Serang - Unjuk rasa puluhan warga di Serang, Banten diwarnai kericuhan. Massa terlibat aksi saling dorong dengan petugas Satpol PP yang menjaga gerbang Pendopo Lama Gubernur Banten, siang tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (12/6/2014), setelah berhasil menerobos petugas, puluhan massa dari masyarakat Banten Selatan itu pun berlarian menuju Sekretariat DPD Banten.

Petugas keamanan dari Satpol PP dan polisi langsung mengejar dan berusaha menghadang massa. Di depan Sekretariat DPD Banten massa melanjutkan orasinya. Tak hanya itu, mereka juga bertindak anarkis dengan mencoret-coret papan di Kantor DPD.

Petugas Satpol PP dan polisi yang bersiaga di lokasi mencoba menghalau aksi anarkis demonstran. Bahkan, baku hantam antara aparat dengan massa pun tak terelakkan.

Dalam aksinya, massa mendesak DPD segera meresmikan pemekaran wilayah Cilangkahan menjadi sebuah kabupaten terpisah dari kabupaten lebak. Wilayah Cilangkahan sendiri telah memiliki 10 kecamatan.

Pemprov Banten hingga 2015 sudah mengajukan 12 wilayah pemekaran untuk menjadi kabupaten atau kota baru, termasuk Cilangkahan. Pengajuan Cilangkahan menjadi daerah otonom baru sudah diserahkan kepada Kemendagri pada 2010 untuk mendapat persetujuan. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini