Sukses

Festival Cisadane, Pagelaran Budaya Khas Tangerang

Yang akan menjadi primadona dari festival ini adalah perlombaan Perahu Naga yang diikuti berbagai negara se-Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Festival Cisadane kembali digelar. Kompetisi Perahu Naga Internasional pun siap dimulai. Sungai Cisadane di Kota Tangerang, pun terlihat meriah dengan berbagai ornamen khas Pecinaan Benteng. Menandakan festival kebudayaan tahunan yang berlangsung 11 hingga 15 Juni 2014 itu dimulai.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, yang akan menjadi primadona dari festival ini adalah perlombaan Perahu Naga yang diikuti berbagai negara se-Asia.

"Di antaranya ada dari Malaysia, Singapura, China, Hongkong, dan negara Asia lainnya," ujar Arief, Tangerang, Banten, Kamis (12/6).

Selain diikuti tim dari Asia, Perahu Naga ini juga diikuti peserta dalam negeri, yang berasal dari 25 negara. Sehingga bisa dipastikan, perlombaan ini terbesar di Indonesia.

"Panitia pun menyediakan sekitar 12 Perahu Naga. Hasil buatan masyarakat Kota Tangerang sendiri. Terutama mereka yang keturunan Pecinaan," kata Arif.

Menurut Arief, peserta akan mengarungi panjanganya Sungai Cisadane, sejauh kurang lebih 1 Km. Perlombaan ini akan menjadi tontonan meriah dan pariwisata yang cukup menarik perhatian keluarga.

Tak hanya perlombaan Perahu Naga, Festival Cisadane pun akan berjalan meriah dengan pagelaran budaya lainnya. Seperti kompetisi tari tradisional, serta berbagai stand pameran yang memajang kerajinan khas Indonesia.

"Makanya pagelaran ini bisa jadi nilai budaya sendiri yang dipersembahkan Kota Tangerang untuk Indonesia," tutur Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini