Sukses

Es Batu Sebesar Bola Golf Muncul Pasca-Badai Petir

Para fotografer amatir dan videografer tetap bersikeras mengabadikan fenomena alam itu dengan kamera.

Liputan6.com, New Mexico - Badai supercell atau badai petir yang terjadi di New Mexico akhir pekan lalu ternyata cukup ekstrem. Bagaimana tidak, badai tersebut memicu turunnya hujan es yang besarnya seperti bola golf. Dengan diameter sekitar 10 cm.

Seperti dikutip Liputan6.com dariSky News, Rabu (11/6/2014), para fotografer amatir dan videografer tetap bersikeras mengabadikan fenomena alam itu dengan kamera. Meski peringatan tornado telah diumumkan di seluruh negara bagian akhir pekan ini.

Buruknya badai itu tidak menghentikan para pemburu gambar menghentikan aksinya. Mereka tak gentar merekam gambar sambaran petir sebelum badai berlalu.

Sementara warga lainnya berusaha mengumpulkan butir hujan es yang ukurannya tak biasa, sebab besarnya hingga menyerupai bola golf.

Badai petir adalah jenis badai paling berbahaya, karena akan membentuk pusaran udara besar yang dikenal sebagai mesocyclone. Akibatnya bisa menimbulkan hujan deras, hujan es, angin berputar-putar dan tornado.

Fenomena alam serupa lainnya pernah terjadi pada akhir tahun 2013 lalu. Badai es parah menerjang kota-kota di Kanada, Amerika Serikat (AS), sejak Minggu 22 Desember 2013 waktu setempat. Akibatnya banyak kota-kota besar di Kanada diselimuti lapisan tebal es dan gelap gulita.

"Hampir 300 ribu orang tanpa listrik sejak Minggu pagi," demikian dikutip Liputan6.com dari Xinhua, 23 Desember 2013.

Terjangan hujan yang membeku pada Minggu malam itu ternyata juga menyebabkan banyak masalah di jalan. Berdampak pada terganggunya perjalanan dan layanan transit Toronto, padahal kali ini merupakan salah satu perjalanan tersibuk di akhir pekan menjelang Natal.

Bahkan lebih dari 300 penerbangan yang akan berangkat telah dibatalkan di Bandar Udara Internasional Toronto Pearson. Mau tak mau, kota-kota di Kanada yang diguyur hujan beku itu seperti kota mati. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.