Sukses

Antisipasi Kebakaran Hutan Riau, BNPB Siagakan 3 Helikopter

Helikopter itu jenis Bolco berdaya angkut 500 liter air, Sikorsky berkapasitas 3.500 liter dan Kamov berdaya angkut 4.600 liter.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiagakan 3 helikopter pembom air untuk mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan di Riau yang diperkirakan meningkat oleh pengaruh El Nino lemah akhir Juni ini.

"Masih ada 3 helikopter yang disiagakan karena sesuai kontrak sampai bulan September," kata Kepala Divisi Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo dari Pekanbaru, Riau, Senin (9/6/2014).

Ketiga helikopter terdiri dari jenis Bolco berdaya angkut 500 liter air, kemudian helikopter besar jenis Sikorsky berkapasitas 3.500 liter, dan Kamov berdaya angkut 4.600 liter.

Ketiga helikopter itu sudah disiagakan sejak bencana kabut asap melanda Riau pada awal 2014.

Agus Wibowo mengatakan, laporan titik panas dari BMKG berdasarkan satelit Tera & Aqua dengan sensor modis pada Senin pagi sekitar pukul 05.00 WIB menunjukkan ada 67 titik panas di Sumatera, sedangkan jumlah titik panas di Riau mencapai 37 titik.

Jumlah titik panas tersebut tersebar di 9 kabupaten dan kota di Riau. Titik panas terbanyak terdekteksi di Kabupaten Pelalawan, yakni 14 titik.

Titik panas lain berada di Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 5 titik, Indragiri Hilir (4), Siak (4), Bengkalis (3), Kuantan Singingi (3), Rokan Hilir (1), Rokan Hulu (1), Indragiri Hulu (1), dan Kota Dumai (1).

Menurut laporan BMKG, cuaca di wilayah Riau diperkirakan akan cerah dan berawan dengan adanya peluang hujan ringan. "Peluang hujan ringan masih ada dan bersifat lokal di Riau bagian barat dan selatan," kata dia.

BNPB mewaspadai pengaruh badai El Nino lemah mulai terasa Juni ini akan menimbulkan cuaca lebih kering dan panas sehingga dikhawatirkan membuat kebakaran meningkat di Riau. (Ant/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.