Sukses

Video Ekstrem Pengunjung Pantai Nyaris Diserempet Pesawat

Momen detik-detik saat pesawat nyaris menyerempet pengunjung pantai yang sedang berjemur tertangkap kamera. Berikut cuplikannya:

Liputan6.com, Berlin - Biasanya para turis berkunjung ke pantai untuk berjemur, menikmati panas matahari. Tapi bagaimana jika momen itu terganggu dengan adegan ekstrem pesawat yang hendak mendarat? Ngeri!

Detik-detik saat pesawat hendak mendarat di Bandara Heligoland di Jerman, dan nyaris menyerempet pengunjung pantai yang sedang berjemur tertangkap kamera, seperti dalam video yang diposting di Live Leak dan dimuat News.com.au, Selasa (3/6/2014).

Dalam video tersebut, seorang pria yang sedang bersantai dan berjemur itu terllihat kaget bukan main. Ia terbangun kerena mendengar deru pesawat yang amat kencang, yang ternyata berada tepat di atasnya. Pasti momen itu bakal tak lekang dari ingatannya.

Untungnya, pengunjung pantai itu lolos dari cedera atau maut akibat tertidur di dekat landasan pacu bandara Heligoland.

Menurut saksi, pria itu langsung tiarap sedatar-datarnya, agar tak terkena bagian pesawat yang hendak mendarat. Seperti dalam video, ia terlihat merundukkan kepalanya pada saat yang tepat.

Rainer Schmidt, pengunjung pantai yang merekam momen ekstrem itu mengatakan, proses pendaratan itu jelas tak sesuai standar.

"Saya telah melihat lima pesawat mendarat sebelumnya," katanya. "Saya langsung menyadari bahwa yang satu ini terbang terlalu rendah. Yang lain cukup tinggi, setidaknya 6 meter. Itu (pesawat) begitu dekat dengan orang-orang di pantai."

Saksi lainnya, Uwe Kaiser mengatakan ia sedang berbaring di pantai yang sama. Pria berusia 38 tahun itu pun mengatakan pria yang lolos dari maut itu begitu amat beruntung.

"Pria yang hampir ditabrak pesawat berbaring dan ia langsung merunduk ketika terlihat pesawat datang. Benar-benar begitu dekat," kata  Uwe.

Setelah nyaris menyerempet pengunjung pantai, pesawat itu kemudian menabrak pagar kayu pembatas landasan pacu dengan pantai. Setelah dicek, pesawat mengalami beberapa kerusakan ringan.

Sementara pengujung yang nyaris terserempet pesawat itu tak mengalami cedera sedikitpun. Hanya shock.

Juergen Drucker, pilot berusia 52 tahun yang mengendarai pesawat Piper PA - 28-181 Archer II kemudian meminta maaf atas insiden tersebut. Ia mengaku tak melihat ada pengunjung pantai saat hendak mendarat.

"Seperti dalam gambar, itu (pendaratan) bukan salah satu prestasi terbesar saya di kokpit," kata Drucker.

"Dalam pembelaan saya, saya bisa mengatakan bahwa saya tidak melihatnya karena dia berbaring. Dan saya sangat berterima kasih dia bisa menghidari dan saya tidak melukainya. Saya tidak bisa mengatakan lebih banyak. Aku takut aku akan kena hukuman dari Kantor Federal Aviation, tapi saya harap bisa tetap menjaga lisensi terbang saya," jelas Drucker.

Rekaman mengejutkan dari Heligoland Airport ini bukan kali pertama muncul di dunia maya. Bandara yang terletak di sebuah pulau di lepas pantai utara Jerman ini, memang memiliki landasan pacu tepat di samping pantai. Maka tak jarang pesawat terbang rendah ketika mendekati bibir pantai, sehingga agak membahayakan para pengunjungnya. Namun aksi itu justru menjadi hiburan tersendiri bagi para pengunjung. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini