Sukses

Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah, Ini Tipsnya

Persoalan yang paling sering dihadapi adalah bimbang dalam memilih kemana harus melanjutkan. Jurusan kuliah apa yang harus dipilih?

Liputan6.com, Jakarta Setelah lulus dari jenjang pendidikan SMA dan setaranya, langkah selanjutnya yang banyak diambil pelajar adalah melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Menyandang status sebagai mahasiswa dan mahasiswi memang memberikan kebanggaan tersendiri, apalagi hingga mendapatkan gelar sarjana.

Di sinilah pemikiran yang jernih dan matang dibutuhkan untuk memilih jurusan dan perguruan mana yang akan diambil. Persoalan yang paling sering dihadapi adalah bimbang dalam memilih kemana harus melanjutkan. Jurusan apa yang harus dipilih? Penyebabnya ini bisa  dikarenakan minimnya pengetahuan tentang jurusan-jurusan, tidak tahu akan kemampuannya sendiri, masih tidak mengerti passion/bidang yang diminati, adanya desakan dari orangtua, adanya keinginan untuk mengikuti teman, hingga gengsi jadi ikut-ikutan. Pada akhirnya yang terjadi adalah salah pilih jurusan!

Jika kalian memilih jurusan yang tidak sesuai, akibatnya bisa cukup fatal. Di awal kuliah mungkin pengaruhnya masih belum terasa masih menyenangkan-menyenangkan saja. Bertemu dengan teman-teman baru, memulai suatu hal yang baru, dan beradaptasi dengan lingkungan yg baru. Materi yang diberikan di semester-semester awal juga tidak memberatkan karena masih berupa pengenalan materi. Semua ini adalah masa peralihan bagi mahasiswa-mahasiwi baru dari masa SMA.

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, materi yang diajarkan juga pasti akan semakin mendalam. Mau tidak mau kalian harus masuk ke dalamnya. Di sinilah rasa risih dan penolakan akan muncul. Kalian menjadi tidak mengerti dengan apa yang disampaikan yang berujung pada banyaknya keluhan-keluhan. Karena tidak sesuai dengan minatnya, maka rasa malas pun bermunculan. Mulai dari malas mengerjakan tugas-tugas, sering bolos kelas, mengerjakan segala sesuatunya sembarangan, hingga mendapat prestasi yang buruk. Bahkan bisa sampai tidak lulus dan harus mengulang mata kuliah yang sama.

Nah untuk meminimalisir dan mencegah salah pilih jurusan pada saat masuk ke perguruan tinggi, ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan:

Pahami diri kalian sendiri
Berpikirlah secara jernih dan matang tentang bidang mana yang menjadi passion/minat kalian. Bermimpi dan bayangkan ingin jadi seperti apa di masa depan. Jika masih belum bisa menemukannya, kalian bisa meminta bantuan pada psikolog.

Jangan memilih karena didesak
Jika didesak oleh orangtua untuk masuk ke jurusan yang tidak sesuai dengan minat kalian, berusahalah untuk meyakinkan mereka. Pertahankan apa yang kalian inginkan. Karena pada akhirnya kalianlah yang akan menjalaninya. Tetapi harus disesuaikan dengan keuangan orangtua juga ya.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya
Berusahalah mendapatkan informasi yang banyak mengenai jurusan-jurusan yang ada. Pelajarilah apa saja yang terdapat dalam masing-masing jurusan. Kemudian lihat apakah sesuai dengan bidang yang kalian mau serta bagaimana prospek ke depannya.

Pikirkan jangka panjangnya
Selalu memikirkan jangka panjang ke depannya. Jangan hanya melihat keuntungan sementara saja, misalnya karena tempatnya enak, ikut-ikutan teman atau bahkan karena bisa mendapatkan status yang keren. Pikirkan bahwa hal ini menyangkut masa depan kalian dan apa yang bisa diperbuat di masa depan.

Pertimbangkan fisik dan mental
Fisik dan mental juga merupakan hal yang penting dan berpengaruh. Pilihlah jurusan yang memang sesuai dengan fisik dan mental kalian. Agar nantinya tetap bisa bertahan dan tidak berhenti di tengah jalan.

Urutkan pilihan jurusan yang diinginkan dan memungkinkan
Bagi kalian yang memiliki banyak alternatif pilihan jurusan, tulislah dan urutkanlah mulai dari bidang yang paling disenangi dan memungkinkan. Setelah ituh seleksi satu-persatu dari yang paling akhir. Setelah mempertimbangkannya dari segala sisi, kalian pasti akan menemukan satu pilihan yang paling sesuai.

Intinya jadilah mahasiswa dan mahasiswi yang kelak dapat mencintai jurusan yang kalian pilih agar bisa profesional di bidangnya. Karena segala sesuatu yang dilakukan dengan senang hati dan sesuai dengan minat, pasti akan memberikan hasil yang memuaskan pula. Semoga sukses ya!

Pengirim:
Vivin vallencia

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.