Sukses

Kakak Tiri Kim Jong-un Nongol di Restoran Jakarta

Kim Jong-nam diberitakan sedang dicari untuk dieksekusi oleh sang pemimpin Korea utara (Korut) Kim Jong-un. Tapi ia terlihat di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kakak tiri laki-laki Kim Jong-un tiba-tiba nongol di Jakarta. Padahal ia diberitakan sedang dicari-cari untuk dieksekusi oleh sang pemimpin Korea utara (Korut) Kim Jong-un.

Kim Jong-nam dilaporkan muncul di sebuah restoran Italia di Jakarta. Ia bahkan berfoto bersama chef restoran tersebut, seperti dimuat Daily Mail, Minggu (25/5/2014).

Foto itu diakuisisi oleh jaringan televisi YTN Korea Selatan dari seorang teman Kim, yang tak disebutkan identitasnya.

"Meskipun ada laporan-laporan yang mengkhawatirkan keamanannya setelah pamannya, Jang Song-taek dibunuh, Kim masih hidup dan baik-baik saja. Gaya hidupnya masih sama, masih sering mondar-mandir antara Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Prancis," kata sumber itu kepada YTN.

Meski terlihat lebih tua, Jong-nam yang disebut sebagai playboy begitu berani tampil di muka publik. Seperti tak memikirkan bahwa ia dimata-matai saudara tirinya, Jong-un.

Dalam posenya, ia tersenyum lebar ke kamera dengan kacamata menggantung dan topi dari jerami. Dia bahkan begitu akrab dengan chef, karena berfoto begitu dekat sambil memegang lengan juru masak itu.

Tapi saat foto-foto itu disebarluaskan, si koki meminta agar wajahnya diburamkan demi keselamatannya.

Sebelum terlihat di Jakarta, Jong-nam juga dilaporkan pernah terlihat di kasino Makau. Mengunjungi restoran papan atas di seluruh Asia Tenggara.

Jong-nam sadar hidupnya masih dalam bahaya, akibat mengkritik pemerintahan Kim Jong-un. Oleh sebab itulah dirinya yakin memutuskan untuk menghilang, setelah pamannya, Jang Song-taek dieksekusi pada Desember 2013.

Sumber lain mengklaim bahwa agen Korea Utara telah mencoba membunuh Jong-nam di Macau pada tahun 2011, namun gagal setelah baku tembak berdarah dengan pengawalnya. Lalu ia berhasil melarikan diri ke kota lain.

Sejak itu, ia berpindah-pindah tempat. Saat fotonya di Jakarta beredar, ia disebut-sebut sedang bersama seorang wanita berusia sekitar 30 tahun.

Hingga akhir 2011, ketika ayahnya --mantan pemimpin Korut Kim Jong - il, yang juga ayah Kim Jong-un berbeda ibu-- masih hidup, Jong-nam kerap bolak-balik ke Beijing dan Macau, di mana istri pertama dan keduanya tinggal.

Jong-nam juga dilaporkan telah melakukan perjalanan ke Thailand, Austria dan Rusia dan kembali ke Pyongyang.

Pengamat Korut menuturkan, Jong-nam telah hidup dengan baik berkat proyek-proyek bangunan dan perusahaan dagang yang didirikan oleh pamannya, Jang.

"Ada kemungkinan ia percaya tidak ada dalam daftar orang-orang yang akan 'dibersihkan' oleh rezim Korea Utara saat ini," beber seorang sumber.

"Inilah sebabnya mengapa ia dengan senang hati berpose untuk foto di sebuah restoran Indonesia. Tapi dia tidak akan pergi kembali ke sana (restoran sama) untuk kedua kalinya," jelas seorang sumber.

Bahkan, diyakini Jong-nam telah pindah dari Jakarta sejak foto itu diambil awal bulan ini.

Kim Jong-un murka akibat gaya hidup playboy, rakus keduniawian dan main perempuan seperti Jang Song-taek.

Muncul spekulasi bahwa pemerintah Beijing mendukung Jong- nam untuk menjadikannya sebagai pemimpin Korea Utara jika rezim Jong - un runtuh.

Dalam wawancara pada Januari dengan Tokyo Shimbun, Jong Nam mengungkapkan penentangan atas rencana suksesi kepemimpinan dinasti. "Bahkan Pemimpin Mao Zedong tidak memaksakan suksesi turun-temurun. Itu tidak sesuai dengan sosialisme, dan ayah saya juga menentangnya," kata Jong Nam.

Beberapa media juga menduga adanya konflik antara dua bersaudara itu sejak beredarnya rumor pada 2009 lalu bahwa orang-orang terdekat Jong-Un mencoba membunuh Jong-Nam di Macau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.