Sukses

Canggih! Pizza Dikirim Pakai Drone di Mumbai

Pizza cepat sampai di rumah pemesannya tanpa terkendala macet. Dikirim lewat udara menggunakan pesawat tak berawak (drone).

Liputan6.com, Mumbai - Pizza -- roti bundar, pipih, dilumuri saus tomat bertabur keju pepperoni, chicken tikka, atau ala vegetarian, lalu dipanggang di oven -- sudah mendunia. Bedanya, di Mumbai, India, makanan itu bisa sampai di rumah pemesannya tanpa terkendala macet. Dikirim lewat udara menggunakan pesawat tak berawak (drone).

Staf di Francesco Pizzeria, di selatan Mumbai, mengaku terinspirasi kabar online tentang raksasa ritel  Amazon yang berencana menggunakan pesawat tak berawak untuk mengirimkan barang. Mereka lalu memutuskan untuk menjadikannya sebagai cara untuk mengatasi lalu lintas semrawut di kota tersebut.

"Kami berhasil melakukan tes dengan mengirimkan pizza ke pelanggan yang berada 1,5 km jauhnya dari kedai kami pada 11 Mei 2014," kata CEO  Francesco Pizzeria Mikhel Rajani kepada Press Trust of India (PTI) seperti Liputan6.com kutip dari Al Arabiya, Jumat (23/5/2014).

"Apa yang kami lakukan sekarang akan menjadi hal biasa 4 atau 5 tahun lagi," kata dia, menambahkan bahwa drone 4 rotor yang digunakan untuk mengirim pizza berharga US$ 2.000 atau Rp 23 juta.

Perusahaan pizza tersebut mengunggah video pengiriman mereka di YouTube -- yang menunjukkan drone membawa kotak pizza di atas toko, para pemain kriket, pantai ibukota ekonomi India itu, lalu mendarat di atap gedung tinggi.

Rajani yakin, uji coba ini akan mengarah pada pengiriman yang lebih murah dan cepat daripada menggunakan sepeda motor membelah jalanan padat. Memang ada sejumlah hambatan seperti baterai habis setelah 8 kilometer dan drone dilarang terbang di atas perusahaan keamanan.

Hambatan lain: hukum. Kepolisian Mumbai mengatakan akan meminta penjelasan dari perusahaan pizza, mengapa mereka tidak diberitahu tentang uji coba.

"Sesuai aturan, izin harus didapatkan untuk menerbangkan objek seperti itu," kata pejabat polisi setempat,  Madhukar Pandey. "Kami sensitif dengan segala sesuatu yang terbang di langit yang dikendalikan dengan remote control," kata dia.

Meski penggunaan drone untuk mengirim pizza yang pertama di India, sebelumnya cabang Domino's Pizza memposting video di YouTube tahun lalu, menampilkan "Domino's DomiCopter" yang terlihat sedang melakukan uji pengiriman lewat udara. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.