Sukses

Katulampa Siaga III, Warga di Pinggiran Ciliwung Diminta Waspada

Peningkatan volume air di Bendungan Katulampa diakibatkan hujan yang terus melanda sejak siang hari hingga malam ini.

Liputan6.com, Bogor - Hujan yang terus mendera wilayah Bogor, Jawa Barat, membuat volume air Sungai Ciliwung di Bendungan Katulampa, Bogor terus beranjak naik menjadi status Siaga III. Ketinggian air di bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor itu ketinggian air menyentuh angka 100 centimeter pada pukul 18.25 WIB.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, aktivitas volume air sempat bertahan di status Siaga IV sejak pukul 17.00 WIB. Namun, ketinggian muka air kembali naik menjadi 100 cm dari 80 cm.

"Peningkatan air begitu cepat dalam waktu sekitar satu setengah jam," jelasnya kepada Liputan6.com, Kamis (22/5/2014) malam.

Peningkatan ini diakibatkan hujan yang terus melanda sejak siang hari. Volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan sebanyak 160 ribu liter per detik. "Ketinggian 100 cm ini yang kedua setelah beberapa hari yang lalu," ucapnya.

Pihaknya sudah menginformasikan kepada penjaga pintu air di kawasan Puncak dan Depok serta Jakarta untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," imbaunya.

Sementara di Bendungan Katulampa, cuaca di wilayah Bogor hingga pukul 19.00 WIB masih dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini