Sukses

Pelangi Terbalik Berbentuk Senyum Muncul di Inggris

Jika biasanya susunan wana pelangi merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu, namun tak demikian dengan pelangi yang satu ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah melihat pelangi berbentuk senyum? Jika belum, penampakan itu baru-baru ini terjadi di Wiltshire, Inggris.

Seperti dimuat Express.co.uk, Kamis (22/5/2014), busur circumzenithal atau busur Bravias dari campuran warna yang membentuk pelangi itu benar-benar tampak tak seperti pada umumnya. Unik.

Sebab lengkungan pelangi itu terbalik dan terlihat seperti sebuah lekuk senyum. Jika biasanya susunan wana pelangi merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu, namun tak demikian dengan pelangi yang satu ini. Susunan warnanya justru sebaliknya.

Gambar penampakan pelangi senyum itu terlihat di Bowood Golf Club di Wiltshire.

"Fenomena itu relatif jarang terlihat di Inggris. Tapi semakin didefinisikan, fenomena itu semakin terlihat langka," ujar seorang juru bicara MET, badan analisa cuaca untuk Inggris dan dunia.

Sementara orang yang mengabadikan fenomena alam unik itu adalah pegolf Henry Pawlak. Ketika itu ia akan bermain golf.

"Itu sangat tidak biasa, dan sesuatu yang saya belum pernah lihat dalam 58 tahun, saya pikir itu layak untuk diabadikan," kata Pawlak.

"Mereka (pelangi) tampaknya tidak bertahan lama, dan kami ketika itu datang awal untuk kursus golf. Saya tidak berpikir ada orang lain di sekitar yang melihatnya," jelas Pawlak.

Pelangi atau bianglala adalah gejala optik dan meteorologi, berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon. Biasanya muncul setelah terjadi hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.