Sukses

KSAU Suriah Tewas di Damaskus

Jenderal Hussein Ishaq diberitakan cedera saat pemberontak menyerang markas angkatan udara di dekat kota Mleiha Sabtu 17 Mei lalu.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Angkatan Udara Suriah Jenderal Hussein Ishaq, tewas di tengah-tengah perang di dekat Damaskus. Ia diberitakan cedera saat pemberontak menyerang markas angkatan udara di dekat kota Mleiha Sabtu 17 Mei lalu. Dia kemudian meninggal dunia.

Seperti dilansir BBC Senin (19/5/2014) dini hari, Ishaq adalah satu dari beberapa perwira tinggi militer yang terbunuh dalam perang saudara negara ini.

Direktur kelompok pegiat Pengamat Hak Asasi Suriah yang bermarkas di London, Rami Abdel Rahman mengatakan kematian Jenderal Ishaq adalah tamparan psikologis berat bagi rezim Assad.

Kantor berita AFP menyebutkan, Markas AU berada di daerah yang diperebutkan dalam perang saat ini di sekitar Damaskus. Sudah lebih sebulan militer Suriah, yang didukung kelompok militan Syiah Lebanon Hezbollah, berusaha mengusir pemberontak dari Mleiha.

Pemberontak berusaha menjatuhkan rezim Presiden Bashar al-Assad sejak tiga tahun lalu. Meskipun terjadi konflik, pemerintah tetap berencana melaksanakan pemilihan presiden Juli mendatang di wilayah yang mereka kuasai.

Lebih 150.000 orang tewas sejak perang terjadi dan lebih satu juta orang menjadi pengungsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini