Sukses

JK: Liputan 6 Awards 2014 Diharapkan Menginspirasi Anak Bangsa

Dari 300 kandidat peraih penghargaan Liputan 6 Award 2014, kini telah mengerucut menjadi 24 kandidat setelah melalui proses seleksi ketat.

Liputan6.com, Jakarta - Penghargaan Liputan 6 Awards 2014 kembali digelar. Ajang yang telah memasuki tahun kelima ini merupakan penghargaan yang diberikan bagi para tokoh. Tokoh yang memiliki kontribusi besar kepada masyarakat, dan mampu membangkitkan inspirasi luar biasa bagi masyarakat Indonesia.

Pimpinan Redaksi Liputan 6 SCTV Nurjaman Mochtar mengatakan, penghargaan ini sengaja diberikan untuk menginsipirasi masyarakat. Bahwa masih banyak orang dengan segala kekurangannya dan minim publikasi, tapi mampu berbuat banyak kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Di tengah kesepian publikasi, dia tetap konsisten dan berinovasi demi bangsanya. Kami mencari sosok-sosok seperti itu dan diharapkan dapat memotivasi anak bangsa melakukan sesuatu yang berguna bagi masyarakat," kata Nurjaman di SCTV Tower, Jakarta, Rabu (14/5/2014).

Nurjaman menjelaskan, mekanisme penyaringan kandidat penerima Liputan 6 Awards 2014 dilaksanakan dalam beberapa tahap yang ketat. Kali ini terdapat 300 nama kandidat yang diseleksi tim juri, yaitu Wakil Pemimpin Redaksi Liputan 6 Putut Tri Husodo, peneliti Daniel Dhakidae, dan cendekiawan Komaruddin Hidayat.

Selain itu, lanjut Nurjaman, juga terdapat penggiat lingkungan Erna Witoelar, aktivis demokrasi Yenny Wahid, dan social entrepreneur Rhenald Kasali. Dari 300 kandidat, kini telah mengerucut menjadi 24 kandidat setelah melalui proses seleksi. "Kemudian kandidat-kandidat tersebut diverifikasi kembali dalam beberapa tahapan."

Menurut Nurjaman, 24 kandidat ini diseleksi untuk mendapatkan 5 kategori tokoh inspiratif penerima Liputan 6 Awards 2014. Di antaranya adalah Kategori Pendidikan, Kategori Pemberdayaan Masyarakat, Kategori Lingkungan Hidup, Kategori Kesehatan dan Kategori Kemanusiaan.

Pada kesempatan sama, Ketua Tim Juri Liputan 6 Awards Jusuf Kalla mengatakan, penganugerahan Liputan 6 Awards yang diselenggarakan Liputan 6 SCTV sejatinya tak hanya membuat penikmat media massa terhibur, juga dapat terinspirasi.

"Media bukan hanya berita, informasi dan hiburan. Tapi harus informasi yang inspiratif. Tapi memberikan, dan mendorong rakyatnya dapat melakukan hal yang lebih besar," ucap pria yang akrab disapa JK itu.

Malam puncak penganugerahan Liputan 6 Awards 2014 akan berlangsung Kamis 22 Mei malam pukul 21.30 WIB di Theater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Acara bertajuk 'Inspirasi Indonesia Baru' ini juga akan dimeriahkan sejumlah artis papan atas tanah air, yaitu Iwan Fals dan Anggun. Serta dipandu presenter Liputan 6 SCTV, Senandung Nacita dan aktor Reza Rahadian bersama Iko Uwais. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini