Sukses

Ahok Kaget Dengar Isu Jokowi Mundur dari DKI 1

Wagub Ahok mengatakan ada kemungkinan Jokowi mengundurkan diri dari Gubernur DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan mundur dari Gubernur DKI Jakarta karena maju sebagai capres. Mendengar hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terkejut.

"Masa? Kata siapa? Kalau gitu aku juga ngajuin ngundurkan diri dong. Hehehe," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Namun, ternyata kedatangan Jokowi ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) siang ini hanya bermaksud meminta izin cuti untuk mengikuti Pilpres pada Juli nanti. Karena sebagai kepala daerah, dirinya diwajibkan menyertakan izin dari presiden ketika mendaftar sebagai capres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Meski begitu, Ahok mengatakan ada kemungkinan Gubernur DKI itu mengundurkan diri. Tergantung keputusan Jokowi sendiri, DPRD DKI, bahkan presiden. Bila Jokowi memang berniat mundur dari jabatannya, ia harus mengajukan permohonan kepada DPRD DKI.

"Kalau presiden ngasih izin, dia berhenti. Semacam Pak Harto, menyatakan berhenti. Boleh kan...Hehe...," jelas politisi Partai Gerindra itu.

Jokowi tiba di Kantor Presiden hari ini pada pukul 13.00 WIB. Mengenakan kemeja batik lengan panjang, ia mengaku kedatangannya untuk mengajukan cuti terkait keikutsertaannya dalam Pemilu Presiden. "Ini dalam rangka mengajukan cuti terkait pencalonan saya," ucap Jokowi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok