Sukses

Ananda Sukarlan Ingin Mencipta Musik Klasik Khas Indonesia

Senin, 12 mei 2014 citizen6 kedatangan tamu istimewa, seorang musisi, pianis yang telah mempunyai reputasi dunia, Ananda Sukarlan.

Liputan6.com, Jakarta Senin, 12 mei 2014 citizen6 kedatangan tamu istimewa, seorang musisi, pianis yang telah mempunyai reputasi dunia, Ananda Sukarlan.

Datang ke kantor liputan6.com dengan sangat santai, memakai tshirt warna hijau toska dan celana jeans, Ananda yang tidak mau di panggil “mas” ini bercerita seputar musik klasik.

Ia menyebutnya musik sastra, musik yang ditulis. Karena klasik kalau di Indonesia selalu dihubungkan dengan Mozart,  Vivaldi, Sebastian Bach dan musisi-musisi lain yang sudah meninggal. Padahal musik-musik yang dipakai untuk soundtrack seperti Harry Potter adalah musik yang ditulis.

Menurutnya, musik sastra (klasik) di Indonesia sebenarnya pasarnya sudah ada.  Hanya dia menyayangkan ketika mengadakan konser di Indonesia beberapa orang bertanya, konsernya gratis atau tidak. “ Beberapa orang Indonesia menganggap seniman itu tidak perlu makan, “ katanya di ruang redaksi liputan6.com

Lama melanglang buana, Ananda Sukarlan  mempunyai banyak target yang ingin diwujudkan. Salah ingin membuat musik klasik yang berciri khas Indonesia. Ia menamainya “Rapsodia Nusantara”. 

Laki-laki yang suka mencipta lagu untuk anaknya sendiri ini mengaku belum mengenal Indonesia. Karena itu ia berencana ingin membuat konser di kota-kota kecil di pelosok Indonesia seperti Malang, Madiun dan kota-kota lain.

Kepeduliannya dengan perkembangan musik di Indonesia sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan mendirikan yayasan musik sastra Indonesia. Di sini anak-anak yang ingin belajar musik bisa gratis.

Di Spanyol dia tinggal di sebuah lembah, di sebuah kampung yang pada jam-jam tertentu bisa menyaksikan kerbau yang lewat, sekaligus aroma-aroma yang mengelilinginya.
 

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.