Sukses

[INFOGRAFIS] 'Geliat' Gunung Merapi dan Slamet

Aktivitas dua gunung api ini cukup mengkhawatirkan, warga di sekitar lereng dua gunung tersebut telah diperingatkan untuk bersiaga.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kembali dibuat siaga oleh aktivitas dua gunung api, yaitu Gunung Slamet di Tegal, Jawa Tengah dan Gunung Merapi di Sleman, Yogyakarta. Untuk Gunung Slamet sendiri yang saat ini sudah berstatus Siaga III sering mengalami letupan yang menyebabkan hujan abu vulkanik. Hujan abu vulkanik yang melanda sejumlah desa di sekitar Gunung Slamet tersebut menyebabkan sesak nafas dan iritasi mata bagi warga setempat.

Hujan abu tersebut juga mengganggu proses belajar-mengajar di beberapa sekolah dasar. Dan untuk mengantisipasi akibat yang lebih parah dari hujan abu tersebut, anggota Tim SAR membagikan ratusan masker kepada warga.

Sedang untuk Gunung Merapi saat ini berstatus waspada. Sejumlah obyek wisata di sekitarnya telah ditutup demi keselamatan wisatawan. Warga sekitar pun bekerja bakti menyiapkan barak pengungsian jika nanti terpaksa digunakan, dikarenakan aktivitas Gunung Merapi yang terkadang mengeluarkan suara dentuman cukup mengkhawatirkan. Baca tulisan Liputan Khusus selengkapnya: Geliat 2 Gunung Berselimut Misteri 

Berikut INFOGRAFIS Gunung Merapi dan Gunung Slamet.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.