Sukses

Dilarang Ibu Main Facebook, Remaja Gantung Diri

Kasus gantung diri remaja tersebut langsung memicu perdebatan di masyarakat terkait tanggung jawab orangtua

Liputan6.com, New Delhi - Seorang remaja di India nekat menghabiskan nyawanya sendiri dengan menggantung diri. Hal itu ia lakukan lantaran dilarang keras oleh ibunya bermain jejaring sosial di Facebook.

Perempuan 13 tahun bernama Aditi Gupta itu kini sudah tiada. Nyawanya melayang di tangannya sendiri. Sang ibu, Mohana menuturkan, Gupta ditemukan tewas gantung diri setelah ia menyetopnya membuka laman Facebook.

Menurut Mohana, Gupta sudah terlalu lama menghabiskan waktunya hanya untuk bermain Facebook. Hampir sepanjang hari, gadis itu mendekam di kamar dan melakukan chatting dengan temannya,

"Aku bilang kepadanya bahwa ia terlalu muda untuk bermain Facebook dan menghabiskan waktu terlalu lama seperti itu," ujar Mohana, seperti dikutip dari Dailymail, Minggu (11/5/2014).

Teguran keras kepada Gupta itu dilontarkan Mohana ketika ia hendak berangkat kerja sekitar pukul 09.30 pagi. Ibu berusia 36 tahun itu kemudian pulang untuk makan siang sekitar pukul 13.30. Dan menemukan Gupta gantung diri.

"Aku tak percaya anakku bisa melakukan hal itu untuk hal yang sepele," ujar Mohana. Saat kejadian, sang ayah sedang berada di kantor, sedangkan sang nenek tengah berwisata.

Kasus gantung diri Gupta ini langsung memicu perdebatan di masyarakat India tentang sejauh mana orangtua mengizinkan dan harus melarang anaknya bermain jejaring sosial.

Pro dan kontra pun muncul. Ada yang menilai orangtua bertanggung jawab penuh untuk mengawasi anaknya, ada juga yang menyarankan untuk memberikan kebebasan dengan sedikit kontrol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.