Sukses

Kapal Terbakar Lalu Tenggelam di Perairan Seram Maluku

Para penumpang dilaporkan selamat dan sudah tiba di tempat tujuan.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal motor (KM) Paishi Batu II terbakar dan tenggelam di Perairan Seram, Maluku, Sabtu dini hari sekitar pukul 01.00 WIT. Para penumpang dan awak kapal selamat, termasuk 7 warga negara asing (WNA).

Para penumpang dan awak kapal berhasil selamat setelah kapal tangker Mt Falcon 8 yang dicarter Pertamina untuk mengangkut BBM dari Wayame (Ambon) menuju Sorong berupaya menyelamatkan mereka yang seluruhnya berjumlah 20 orang.

General Manager Pertamina Unit Penjualan Dalam Negeri VIII Jayapura Moch Irfan mengatakan, para korban sudah tiba dengan selamat di Sorong.

Insiden terjadi di antara Pulau Pisang dan Pulai Batame, Perairan Seram. "Kapal nahas itu dilaporkan mengeluarkan api yang diduga berasal dari kamar mesin, hingga menyebabkan kapal tenggelam," kata Moch.Irfan.

Dia menjelaskan, ketujuh WNA yang menjadi penumpang kapal nahas itu terdiri dari 4 orang berkebangsaan Prancis dan 3 orang asal Amerika Serikat. Kapal Falcon-8 langsung meluncur melakukan pertolongan setelah mendengar diradio ada kapal yanag mengalami musibah.

Setelah mendekat, ternyata api sudah menyala sehingga para anak buah kapal (ABK) Mt Falcon-8 berupaya mengevakuasi para penumpang kekapal mereka.

"Para penumpang yang selamat itu kondisinya baik dan saat ini sudah berada di Sorong untuk proses penanganan lebih lanjut," tandas Irfan. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini