Sukses

Ridwan Kamil Keluarkan Kartu PKL Bandung Anti-Rentenir

Pemerintah Kota Bandung mengeluarkan kartu tanda pengenal yang diperuntukan kepada 12.600 PKL.

Liputan6.com, Bandung - Pedagang Kaki Lima (PKL) kerap kali menjadi sasaran empuk bagi para rentenir. Saat kebutuhan modal untuk usahanya, para rentenir kerap datang dengan menawarkan pinjaman dengan bunga yang mencekik.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Pemerintah Kota Bandung mengeluarkan kartu tanda pengenal yang diperuntukan kepada 12.600 PKL yang berada di Kota Bandung. Dengan kartu ini PKL bisa dijamin anti-rentenir.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakaan, untuk tahap awal pihaknya memberikan 1.880 kartu tanda pengenal (KTP) untuk PKL yang memiliki KTP Bandung.

"Jadi nanti dengan KTP PKL ini, kalau ada program kredit mereka yang punya kartu itu diutamakan," kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil usai launching Kartu PKL di Bandung, Jumat (9/5/2014).

Selain itu nantinya para PKL yang memiliki kartu akan difasilitasi dan diprioritaskan apabila ada pembukaan kios baru yang murah. Namun, sambung Emil, para pemilik kartu ini mempunyai beberapa kewajiban salah satunya adalah dilarang untuk berjualan di zona merah yang telah ditentukan di Pemkot Bandung.

"Kewajibannya harus taat dan bersih. Nanti juga wartawan bisa meliput PKL yang menyediakan tempat sampahnya sendiri dan bersih," tukas Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini