Sukses

Anggaran Bus Transjakarta Rp 3,2 Triliun

Bus yang akan dibeli yakni bus gandeng atau articulated bus dan bus sedang.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menganggarkan Rp 3,2 triliun untuk pengadaan bus Transjakarta. Biaya tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2014.

"Jumlah Rp 3,2 triliun," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (9/5/2014).

Bus yang akan dibeli yakni bus gandeng atau articulated bus dan bus sedang. Namun Akbar mengaku belum mengetahui jumlah unit bus Transjakarta yang akan dibeli nanti. Saat ini Dishub DKI masih menunggu laporan harga bus yang akan disediakan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

"Dapatnya berapa unit tergantung harga di e-katalog yang akan diterbitkan LKPP. Susah juga (penentuan jumlah) karena harganya belum keluar," ujar Akbar.

Begitu juga dengan merek bus yang ditaksir. Dishub belum menetapkan karena belum melihat katalog.

"Tergantung melanisme pengadaan barang. Kita akan menggunakan e-katalog. Jadi akan menggunakan bus apa, tergantung yang dipilih nanti. Selain Scania, ada merk-merk lain yang juga terdaftar di sana," jelas Akbar.

Kamis 8 Mei kemarin, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, menggelar uji coba bus merk Scania. Bus itu didatangkan langsung dari Swedia. Ahok mengatakan, bus berkelas dunia yang berbahan bakar gas itu akan menjadi armada Transjakarta.

Diperkirakan harga 1 unit bus gandeng Scania Rp 5,6 miliar. Harga ini dijamin sebanding dengan kualitas dan kenyamanan yang akan dirasakan oleh penumpang bus Transjakarta.

"Kenapa pilih bus Eropa, kami ingin fasilitas keamanan dan kenyamanan. Kalau saya ingin bus rasanya seperti mobil sedan," kata Ahok usai uji coba bus Scania di kawasan Silang Monas, Jakarta Pusat. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Busway

Video Terkini