Sukses

BMKG Tretes Prediksi Gempa Situbondo

Petugas BMKG melakukan survei dengan membawa seismograf atau alat untuk mengetahui aktivitas gempa yang terjadi sejak beberapa hari terakhir

Liputan6.com, Tretes - Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tretes, Pasuruan, Jawa Timur, mendatangi lokasi gempa lokal di Desa Kedunglo, Kecamatan Asembagus, Situbondo.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (8/5/2014), petugas BMKG melakukan survei dengan membawa seismograf atau alat untuk mengetahui aktivitas gempa yang terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Gempa lokal itu menghantui ratusan kepala keluarga yang berada di perbukitan. Kepala BMKG Tretes menduga gempa yang terjadi dalam 3 hari berturut-turut akibat patahan lempeng di perut bumi.

Warga mengatakan resah dan trauma karena gempa terjadi 2 sampai 3 kali sehari dengan bunyi atau dentuman yang cukup keras.

Pada tahun 2007. desa itu juga pernah dilanda gempa yang menyebabkan puluhan rumah warga rusak berat dan 7 rumah di antaranya ambruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi

Video Terkini