Sukses

Jokowi: Tol JORR W2 Paket Ulujami-Ciledug Rampung Bulan Depan

Dengan dioperasikannya tol itu mampu mengurangi kemacetan di wilayah Jakarta, khususnya perbatasan Jakarta, Bekasi dan Kota Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan pembangunan tol Jakarta Outer Ring Road W2 (JORR) W2 akan rampung pengerjaannya pada bulan depan. Jokowi pun memperkirakan Juli 2014 nanti tol tersebut dapat mulai beroperasi.

"Sebulan lagilah rampung. Targetnya ini kan bulan Oktober selesai, tapi ini tampaknya bisa lebih cepat. Bulan Juli ini sudah bisa dipakai," ujar Jokowi saat meninjau lokasi pembangunan tol tersebut di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (7/5/2014).

Dengan mulai beroperasinya tol yang panjang keseluruhannya mencapai 7,8 kilometer itu, Jokowi menjamin tol itu sudah dapat dilalui saat musim mudik lebaran tiba. Jokowi pun memastikan permasalahan pembebasan lahan warga yang menjadi penyebab mandeknya pembangunan tol tersebut hingga 15 tahun itu telah selesai seluruhnya.

"Sudah. Dijamin. Tinggal dipadatkan selama dua minggu selesai. Masalah lahan yang belum dibebaskan juga semua telah dibebaskan. Semuanya sudah rampung tinggal dibayar saja ke warga," tegas Jokowi.

Jokowi pun mengklaim, dengan dioperasikannya tol tersebut mampu mengurangi kemacetan di sekitar wilayah Jakarta, khususnya wilayah perbatasan Jakarta dengan Bekasi dan Kota Tangerang. Terlebih tol itu juga mampu menjadi jalan alternatif warga di wilayah timur, selatan, dan barat Jakarta yang ingin menuju ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Ini bisa mengurangi kemacetan yang di tengah sampai 20-30 persen. Dari timur mau ke barat lewat sini begitu juga sebaliknya, makanya tol ini manfaatnya akan sangat dirasakan warga Jakarta. Yang mau ke airport dari bagian selatan juga lewat sini," ucapnya.

Proyek pembangunan tol ini sendiri sudah dimulai dikerjakan kembali sejak 21 Oktober 2011 lalu dan terbagi 4 paket dengan total investasi senilai Rp 2,2 triliun.

Paket pertama Kebon Jeruk-Meruya dikerjakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya, sedangkan paket kedua Meruya-Joglo dikerjakan oleh PT Adhi Karya. Paket ketiga, Joglo-Ciledug dikerjakan oleh PT Waskita Karya. Sementara paket keempat Ciledug-Ulujami dikerjakan oleh PT Jaya Konstruksi. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.