Sukses

Revisi Soal Bikin Peserta UN SMP Kebingungan

Perbaikan mendadak dalam pencetakan sehubungan ditemukannya nama Joko Widodo dalam soal UN Bahasa Indonesia.

Liputan6.com, Makassar - Soal ganda hingga soal tidak urut pada naskah Ujian Nasional (UN) tingkat SMP mata pelajaran Bahasa Indonesia membuat peserta ujian di Makassar, Sulawesi Selatan, bingung. Soal ganda ditemukan pada nomor 12. Sedangkan soal tidak urut ditemukan mulai nomor 40 hingga 50.

Seperti ditayangkan Liputan 6 petang SCTV, Senin (5/5/2014), hal yang sama juga terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat. Kepanikan juga melanda siswa dan pengawas ujian.

Kepanikan terjadi akibat kesalahan dalam pencetakan soal. Bahkan ada soal hilang hingga ditemukan soal ganda. Akibatnya pelaksanaan ujian Bahasa Indonesia di tempat tersebut tertunda hingga 30 menit.

Kebingungan dan kepanikan juga mewarnai pelaksanaan UN di Mandailing Natal, Sumatra Utara. Soal ujian yang rancu membingungkan peserta dan pengawas ujian.

Dinas Pendidikan setempat menjelaskan kerancuan terjadi akibat perbaikan mendadak dalam pencetakan sehubungan ditemukannya nama Joko Widodo dalam soal ujian. Perbaikan mendadak ini baru diinformasikan 2 hari sebelum ujian hingga tidak sempat disosialisasikan kepada sekolah.

Sayangnya persoalan yang terjadi merata di berbagai daerah ini luput dari pantauan Menteri Pendidikan Nasional M Nuh yang menggelar sidak di Kepulauan Seribu, Jakarta. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.