Sukses

Obama Ejek Kebiasaan Putin Bertelanjang Dada

Obama sempat mengejek soal kebiasaan Putin bertelanjang dada saat liburan.

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengeluarkan guyonan soal Presiden Rusia Vladimir Putin dalam acara makan santai bersama jurnalis dan politisi di Gedung Putih.

Kepada para hadirin pada Sabtu 3 Mei malam lalu itu, Obama sempat mengejek soal kebiasaan Putin bertelanjang dada saat liburan. Beberapa tahun lalu, Putin memang menjadi buah bibir karena foto telanjang dadanya saat liburan yang tersebar di dunia maya.

"Rudy Giuliani (politisi AS) sempat membicarakan Putin. Mike Huckabee (politisi AS) dan Sean Hannity (host tv di AS) juga membicarakan telanjang dada Putin yang menurut saya cukup aneh," ujar Obama, seperti dimuat Al-Arabiya, Senin (5/5/2014).

Hubungan AS dan Rusia saat ini tengah merenggang terkait krisis politik di Ukraina. AS menilai Rusia ikut campur dalam urusan internal dengan membantu kelompok separatis. Namun bagi Rusia, langkahnya itu untuk menghadang langkah Ukraina yang semena-mena membantai rakyanya sendiri.

Selain meledek orang lain, Obama juga membuat lelucon mengenai awal Obamacare atau UU Kesehatan AS yang diprotes.

"Pada tahun 2008, slogan saya adalah 'Ya, kita bisa' dan pada tahun 2013 slogan saya adalah 'control, alt, delete' yang mengacu pada tombol pada keyboard atau papan ketik komputer," ujar Obama.

Presiden juga bercanda tentang televisi konservatif Fox yang para pengasuh dan dan komentatornya pernah mempertanyakan kewarganegaraan Obama. Lelucon itu termasuk rujukan bagi Hillary Clinton, yang kemungkinan mencalonkan diri sebagai presiden pada 2016.

Obama mengatakan, "Mari kita hadapi realitas ini, Fox, Anda akan kehilangan saya ketika saya tidak lagi menjabat. Anda nantinya akan kesulitan untuk meyakinkan rakyat Amerika bahwa Hillary lahir di Kenya."

Pada acara makan malam bersama jurnalis Gedung Putih yang ke-100 ini, sejumlah wartawan mendapat penghargaan Aldo Beckman, misalnya Brianna Keilar dari CNN dan Glenn Thrush dari Politico. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini