Sukses

Seluruh Jalur Transjakarta Bakal Dibeton Biar Tak Mudah Rusak

Hingga kini jumlah pengguna Transjakarta semakin hari semakin meningkat seiring pertambahan armada bus yang berkapasitas 14 ton.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI terus melakukan perbaikan jalur-jalur Transjakarta yang rusak. Teknik betonisasi akan digunakan untuk memperkokoh struktur jalan.

"Tahun ini kita mau fokuskan, seluruh jalur Transjakarta akan kita beton. Biar tidak gampang hancur, akan kita beton," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota DKI Jakarta, Senin (5/2/2014).

Hingga kini jumlah pengguna Transjakarta semakin hari semakin meningkat seiring pertambahan armada bus yang berkapasitas 14 ton per unit. Karena beban bus terus bertambah, dibutuhkan struktur jalan yang kuat dengan betonisasi.

Pria yang karib disapa Ahok itu mengaku telah mengingatkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Perhubungan, agar setelah dibeton, jalur Transjakarta tidak digali atau dirusak lagi untuk membangun separator.

"Lebih baik saat pembetonan, sekalian bikin separatornya supaya lengket jadi satu. Jadi pondasinya tidak rusak," ujar Ahok.

Sebab, jika dilakukan penggalian lagi, akan meninggalkan lubang di jalan. Dan ketika hujan turun, lubang akan tergerus yang menyebabkan pondasi jalan kembali rusak. Ahok pun meminta jenis beton yang hanya membutuhkan 12 jam untuk kering. Bukan lagi beton yang baru kering selama sepekan yang selama ini biasa digunakan.

"Itu juga nanti masuk e-catalog. Jadi tak perlu tender. Kerjakan saja beberapa meter, nanti langsung bayar," pungkas Ahok.(Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Busway

Video Terkini