Sukses

Merapi Aktif, Warga Bersihkan Barak Pengungsian

Semua kebutuhan pengungsi di barsk tersebut sudah tersedia dengan baik termasuk kebutuhan air bersih.

Liputan6.com, Yogyakarta - Warga Desa Bakalan, Kecamatan Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, bekerja bakti menyiapkan barak pengungsian.

Kepala Desa Bakalan,  Eko Bejo Subekti, mengatakan, semua warga mempersiapkan barak pengungsian. "Semua bekerja, dari anak-anak sampai dewasa, mempersiapkan barak pengungsian jika nanti terpaksa digunakan. Kita sudah siap," kata kepada Liputan6.com, Minggu 4 Mei 2014.

Eko menjelaskan gotong royong membersihkan barak pengungsian ini juga dilakukan di daerah Cangkringan lain. Ia menyebut barak pengungsian Kuwang dan Gayam menjadi barak yang disiapkan warga Cangkringan. 2 barak ini disiapkan jika warga dari lereng Merapi, yang berada di atas Bakalan, mengungsi.

"Kami bergotong royong. Nanti kalau warga yang dari atas turun kita sudah siap. Ada 2 barak yaitu di barak Kuwang untuk sebelah barat dan Gayam di sebelah timur," ujarnya.

Eko menyatakan, semua kebutuhan pengungsi di barak tersebut sudah tersedia dengan baik termasuk kebutuhan air bersih. "Semua sudah kita cek. Semua sudah terpenuhi kebutuhan air sudah ada. Aman. Kita nanti juga dibantu oleh Dinas Sosial," ujarnya.

Hingga kini status Merapi berstatus Waspada. Selain membersihkan barak pengungsian, warga juga mulai mengaktifkan ronda malam dan berinisiatif memperbaiki jalur evakuasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini