Sukses

Pendistribusian Soal UN SMP di Sragen Dijaga Ketat Polisi

Paket-paket soal UN di Sragen, dibungkus dengan kardus besar dalam kondisi tersegel.

Liputan6.com, Sragen - Ribuan soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat yang berada di Kantor Dinas Pendidikan Sragen, Jawa Tengah, siap untuk didistribusikan ke sejumlah SMP dan sederajatnya yang ditunjuk sebagai sub rayon.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (5/5/2014), untuk menjaga soal-soal tersebut agar tidak bocor, gudang penyimpanan dijaga ketat polisi. Paket-paket soal yang dibungkus kardus besar, juga masih dalam kondisi tersegel. Karena itu belum diketahui ada kerusakan atau tidaknya pada lembar soal.

Nantinya soal-soal itu disimpan di beberapa sub rayon yang ditunjuk, dan kemudian akan didistribusikan langsung ke sekolah-sekolah yang ada di Sragen, Jawa Tengah.

Di Banyuwangi, Jawa Timur, setelah diamankannya lembar naskah soal UN tingkat SMP dan sederajat mulai didistribusikan ke 62 sub rayon di Aula Dhira Brata Mapolres, Banyuwangi, Jawa Timur.

Saat pengambilan soal, banyak guru atau perwakilan sekolah yang tidak mengenakan tanda pengenal hingga disinyalir rawan terjadi kebocoran. Namun hal ini disanggah Kepala Bidang Pendidikan Menengah Banyuwangi.

Untuk mencegah kemungkinan adanya kebocoran, rencananya soal UN baru akan dibagikan hari ini, beberapa jam sebelum UN dilaksanakan. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.