Sukses

Gempa 5,4 SR Guncang Aceh Singkil

Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter ini berjarak 65 kilometer barat daya Aceh Singkil.

Liputan6.com, Singkil - Gempa bumi kembali terjadi di Provinsi Aceh. Kali ini gempa mengguncang Kabupaten Aceh Singkil pada Sabtu (3/5/2014) sekitar pukul 21.47 WIB.

Seperti dilansir laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter ini berjarak 65 kilometer barat daya Aceh Singkil. Lokasi gempa berada pada koordinat 1.93 Lintang Utara - 97.87 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di kedalaman 17 kilometer. Namun, pihak BMKG menyebutkan gempa tersebut tak berpotensi menimbulkan tsunami.

Dua hari silam gempa berkekuatan 5,7 SR juga menggoyang Aceh Singkil. Saat itu pusat gempa berada di laut, 67 km barat daya Kabupaten Aceh Singkil dengan kedalaman 12 km. Gempa dirasakan kuat selama 5-10 detik.

"Sebagian warga berhamburan keluar rumah dan panik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan tertulisnya yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Kamis silam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Aceh

Video Terkini