Sukses

Warga Lereng Merapi Mulai Kemasi Surat Berharga

Surat-surat berharga yang mulai dikemasi itu adalah akta lahir, ijazah, dan surat tanah.

Liputan6.com, Sleman Meningkatnya aktivitas Gunung Merapi membuat warga lereng Merapi di Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mulai mengemasi surat-surat berharga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (3/5/2014), surat-surat berharga yang mulai dikemasi itu adalah akta lahir, ijazah, dan surat tanah. Tujuannya agar bisa dibawa mengungsi tanpa khawatir lagi.

Sementara warga Tegalmulyo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, menggiatkan lagi ronda malam. Tujuannya adalah agar para warga dapat berjaga sambil mengamati aktivitas puncak Gunung Merapi. Hal itu dilakukan mengingat desa mereka hanya berjarak 5 km dari puncak Merapi.

Pada Selasa 29 April lalu, status Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan DIY ditingkatkan menjadi Waspada, setelah adanya peningkatan status kegempaan dan suara dentuman dari kawah.

Sebelumnya, warga bergotong-royong membersihkan barak pengungsian dengan alat sederhana. Sebanyak 35 titik pengungsian, termasuk 9 barak mulai disiapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini