Sukses

350 Orang Tewas Tertimbun Longsor di Afghanistan

Ratusan rumah tertimbun di bawah tumpukan lumpur dan batu ketika pegunungan longsor akibat hujan lebat.

Liputan6.com, Kabul - Tanah longsor menimbun Provinsi Badakhsan, timur laut Afghanistan. Akibatnya, 350 orang dilaporkan tewas dan sejumlah warga lainnya hilang.

Seperti dimuat BBC, Sabtu (3/5/2014), ratusan rumah tertimbun di bawah tumpukan lumpur dan batu ketika satu bagian pegunungan longsor akibat hujan lebat, Jumat 2 Mei. Para petugas penyelamat masih berupaya untuk mencari korban.

Wartawan BBC di Badakhsan, Qurbon Ali Hamzi, melaporkan, lamanya hujan yang turun menyulitkan proses pencarian dan meningkatkan kekhawatiran tanah longsor lanjutan. Proses pencarian korban juga dipersulit karena keterbatasan peralatan.

"Jumlah yang meninggal sudah meningkat mencapai 350 jiwa dan diperkirakan terjadi pengungsian secara besar-besaran," demikian yang dinyatakan petugas Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) di Afghanistan.

Dia menjelaskan, PBB tengah berkoordinasi dengan pihak berwenang Afghanistan untuk menyelamatkan korban yang masih terperangkap. Perkiraan awal menyebutkan, 1.000 rumah rusak dan sekitar 300 langsung tertimbun tanah longsor.

Karena Jumat merupakan hari libur di Afghanistan, banyak orang yang masih berada di dalam rumah ketika bagian pegunungan longsor pada siang hari waktu setempat.

Provinsi Badakhshan yang berada berada di dekat perbatasan Tajikistan, Cina, dan Pakistan memiliki banyak pegunungan.

Koresponden BBC di ibukota Kabul, David Loyn mengatakan, hujan lebat melanda sejumlah kawasan di bagian timur dan utara Afghanistan selama beberapa hari belakangan dan sekitar 150 orang tewas akibat banjir. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini