Sukses

Punguti Sampah di Bandara Soetta, Dahlan Iskan: 90% Puntung Rokok

Menteri BUMN Dahlan Iskan berolahraga di gedung Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jumat (2/5/2014).

Liputan6.com, Cengkareng - Menteri BUMN Dahlan Iskan berolahraga di gedung Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jumat (2/5/2014). Usai senam, Dahlan memunguti sampah di Terminal 3 Bandara Soetta, dari tempat parkir sampai ke dalam.

"Sampah paling banyak ini putung rokok. 80-90 persen lah," kata Dahlan sembari lihat ke lantai.

Dia menyesalkan banyak pengunjung Bandara Soetta, maupun para pegawainya, yang asik merokok dan membuang puntungnya sembarangan.

Meski demikian, Dahlan mengaku keadaan saat ini sudah jauh lebih baik. "Ini bukti kalau kita mau konsisten pasti ada perbaikan. Kalau saja 2 tahun konsisten terus seperti ini, saya yakin akan lebih baik lagi," ujarnya.

Dahlan mengungkapkan, kebersihan bandara internasional terbesar se-Indonesia itu bukanlah tanggung jawab petugas kebersihan semata. "Tapi tanggung jawab semua. Bagian keuangan, operasional, teknik, dan pengguna jasa bandara harus bersama-sama jaga kebersihan," ungkap Dahlan.

Ia juga sempat menilai desain Terminal 1 yang dinilainya kurang baik. "Terminal 1, seperti desainnya diubah, catnya di perbaharui," katanya sembari melihat-lihat ke langit-langit.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengatakan, program Jumat bersih memang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta setiap bulan.

"Kalau di bandara lain yang ada dalam penanganan kami seminggu sekali, kalau di sini sebulan sekali," terang Tri.

Program bersih-bersih ini sengaja selalu dilakukan awal bulan, alasannya karena para pegawai baru saja menerima gaji. "Jadi biar sadar, habis terima gaji mereka harus bersyukur. Ini ide dari Direktur SDM Hari Cahyono," pungkas Tri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini