Sukses

DKI Segera Bangun Turap di Sepanjang Kali Pesanggarahan

"Segera, langsung kita sheet pile. Kita akan kerja sama dengan Kementerian PU," jelas Ahok.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI tengah berupaya mempercepat program-program penanganan banjir di Jakarta, sebelum musim penghujan kembali datang. Salah satunya adalah segera melakukan pembangunan turap atau sheet pile di sepanjang Kali Pesanggrahan, Jakarta Utara.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, pengerjaan turap tersebut akan dilakukan oleh Dinas PU DKI bekerja sama dengan Kementerian PU RI.

"Segera, langsung kita sheet pile. Kita akan kerja sama dengan Kementerian PU, memakai dana dari APBD dan APBN. Kita kerjakan bersama, jadi semuanya bisa cepet banget. Kan kerja sama antara Pemprov DKI dan pusat sudah bagus banget," jelasnya di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (2/5/2014).

Mantan Bupati Belitung Timur itu menuturkan, lahan di kawasan Petogogan yang dilintasi Kali Pesanggrahan itu, sejak tahun 2003 sudah dibebaskan Pemprov DKI. Hanya saja, pengerjaan normalisasi Kali Pesanggrahan tidak langsung dikerjakan. Sehingga mengakibatkan menjamurnya ratusan rumah illegal.

"Saya kaget, rumahnya dari beton semua, bagus-bagus lagi di pinggir sungai. Tetapi tetap kita bongkar," ujarnya.

Kemudian, agar pembongkaran rumah-rumah liar tersebut tidak menuai protes dan reaksi keras dari pemilik rumah, Ahok menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI untuk melaporkan para pemilik bangunan ke kepolisian terlebih dahulu. Dengan tuduhan melakukan penyerobotan tanah. Sehingga bisa ditindak melalui hukum pidana.

"Kita ajari Dinas PU DKI. Laporin saja mereka dengan tuduhan penyerobotan tanah. Kan tanahnya sudah kita bebaskan, lalu ditempati secara illegal. Laporin saja ke polisi, kita bisa tindak pidana. Akhirnya mereka bongkar sendiri karena takut. Sekarang sudah bongkar semua, tinggal 17 rumah yang minta waktu," jelasnya.

Apabila 17 rumah tersebut sudah dibongkar semua, politisi Partai Gerindra itu memastikan pengerjaan turap di Kali Pesanggrahan akan langsung dilakukan.
 
Selain pemasangan turap di Pesanggrahan itu, dalam setahun ini, Pemprov DKI juga akan membangun pompa-pompa di kawasan utara di Jakarta. Begitu pun dengan pelaksanaan pengerukan atau normalisasi sungai-sungai yang ada di Jakarta.

"Kita ketemu ada sungai yang lebarnya 10 meter, lalu dihilirnya tinggal 4 meter. Karena diatasnya sudah dibangun rumah atau gedung-gedung yang kokoh. Semuanya akan segera dikerjakan," tukas Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.