Sukses

Zombie dan Penghuni Dolly Semarakkan May Day

Sejumlah buruh yang berada dekat dengan Jakarta memilih untuk berdemonstrasi ke ibukota.

Liputan6.com, Jakarta Hari Buruh juga diperingati di daerah dengan berbagai cara. Sejumlah buruh yang berada dekat dengan Jakarta memilih untuk berdemonstrasi ke ibukota. Berita itu mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (1/5/2014).
 
Ribuan pekerja Purwakarta, Jawa Barat, berangkat dari kawasan industri Bukit Indah City untuk menyerbu Jakarta guna memperingati Hari Buruh Internasional.
 
Para buruh mempergunakan puluhan bus untuk berangkat ke ibukota. Sejumlah orang berpakaian zombie sambil menyuarakan tuntutan penghapusan sistem kerja kontrak (outsourcing). Selain itu, mereka juga menuntut pengenaan upah yang layak.
 
Beralih ke Surabaya, Jawa Timur, penghuni lokalisasi Dolly juga tak mau ketinggalan memperingati Hari Buruh Internasional. Sambil berunjuk rasa, mereka tak lupa menyuarakan keinginannya agar lokalisasi tidak ditutup seperti yang diperintahkan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.
 
Selain para penghuni, aksi itu juga diikuti oleh berbagai pihak yang selama ini mendapat keuntungan dari lokalisasi tersebut. Pemerintah kota Surabaya sendiri dengan tegas menutup Dolly pada 19 Juni 2014 mendatang.
 
Sementara itu, aksi simpatik dilakukan sejumlah buruh Karawang, Jawa Barat pada 1 Mei ini para pekerja yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI)  memilih menggelar bakti sosial untuk kepentingan masyarakat.
 
Para buruh menyantuni yatim dan jompo, serta donor darah. Walau demikian, mereka tetap menyuarakan 10 tuntutan buruh sebagaimana rekan-rekannya yang lain di seluruh Indonesia. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini