Sukses

Cegah Macet, Polisi Buka Tutup Tol Dalam Kota

Kepadatan di ruas tol ini didominasi bus-bus yang umumnya membawa rombongan buruh dari sejumlah wilayah di sekitar ibukota.

Liputan6.com, Jakarta Iring-iringan bus yang membawa buruh memacetkan ruas tol dalam kota di sepanjang Jalan Gatot Subroto terutama dari arah Cawang menuju Jembatan Semanggi.
 
Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (1/5/2014), kepadatan di ruas tol ini didominasi bus-bus yang umumnya membawa rombongan buruh dari sejumlah wilayah di sekitar ibukota.
 
Sebaliknya, arus lalu lintas di ruas jalan tol dalam kota dari Semanggi menuju Cawang justru terlihat lengang. Untuk mengurai kepadatan, pihak kepolisian menerapkan sistem buka tutup di sejumlah pintu keluar tol. Seperti di kawasan Tegal Parang, Mampang, Semanggi, maupun pintu keluar tol di Senayan.
 
Sebagian besar rombongan buruh menuju Istana Negara, Bundaran Hotel Indonesia, dan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Rencananya, sistem buka tutup ini diterapkan saat rombongan buruh masuk dan mengakhiri aksi di ibukota.
 
Selanjutnya, massa buruh dari Konfederasi Serikat Nasional (KSN) Kamis siang berunjuk rasa di depan Gedung DPR Jakarta. Mereka datang dengan berjalan kaki dari kawasan GBK Senayan. 
 
Para buruh menolak sistem kerja alih daya (outsourcing), menolak upah murah, dan menolak penangguhan upah 2014. Akibat aksi ini, lalu lintas dari kawasan Semanggi menuju Slipi macet parah. Sebab, aksi para buruh menutup hampir seluruh ruas jalan di depan Gedung DPR Jakarta. Warga dihimbau untuk menghindari Jalan Gatot Subroto di depan Gedung DPR.
 
Kemudian, bertolak dari Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung-Cilincing, Jakarta Utara, ratusan buruh berkonvoi menuju rumah susun Marunda Kamis pagi.
 
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini konvoi para buruh bukan untuk berunjuk rasa, tetapi menggelar aksi tanam pohon. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian buruh terhadap lingkungan sekaligus untuk menghapus stigma buruk para buruh.
 
Meski demikian, para buruh tetap menuntut perbaikan upah dan kesejahteraan buruh. Rencananya, mereka akan berkonvoi menuju Ancol sore nanti dengan rute Jalan akses Marunda, Jalan Jampea, Jalan Yos Sudarso dan Jalan RE Martadinata. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini