Sukses

Tampil Beda, May Day Tahun Ini Jadi Ajang Dukung Capres

Misalnya saja, Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) yang akan melakukan orasi agar para buruh memilih capres PDIP Jokowi saat Pilpres.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Hari Buruh Sedunia yang akan diisi demo besar-besaran oleh buruh bakal sedikit tampil beda pada tahun ini. Sebab ada nuansa politik yang terkandung di dalamnya. Hal itu diketahui setelah disisipkan agenda orasi capres oleh kaum buruh.

Misalnya saja Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) yang akan melakukan orasi agar para buruh memilih capres PDIP Joko Widodo atau Jokowi saat Pilpres 9 Juli mendatang.

"Kongres SBSI sudah putuskan untuk memilih Jokowi. Jokowi presiden agar welfare state diwujudkan," ujar Ketua Umum SBSI Muchtar Pakpahan kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (1/5/2014).

Muchtar menjelaskan, Jokowi dianggap mampu menyejahterahkan buruh. Karena itulah mereka akan memberikan dukungannya. Namun, ia mengaku ada pula serikat buruh lain yang tak memberikan dukungan pada Jokowi.

"Arahnya sih serikat besar itu dukung Prabowo Subianto (capres Gerindra), tapi kita lihat nanti saja orasinya bagaimana," terang Muchtar.

Dukungan SBSI pada Jokowi, sudah diberikan sejak 30 Maret lalu. Saat menghadiri kongres buruh itu, Jokowi menyatakan siap menyejahterakan buruh.

"Dalam perdiskusian, Jokowi yang kini leading sebagai capres berikutnya menyatakan berada di pihak buruh untuk mewujudkan Indonesia lebih baik lagi ke depan," papar Muchtar.

Dukungan sebenarnya wajar diberikan, karena salah satu pendiri SBSI adalah sesepuh dari PDIP, yakni Sabam Sirait dan Rachmawati Soekarnoputri. Dukungan pada Jokowi pun merupakan hasil demokrasi dari sekitar 500 peserta Kongres V SBSI. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.