Sukses

Peringati May Day, Ribuan Buruh Mulai Padati KBN Cakung

Meski sudah dijadikan libur nasional, para buruh mengaku tetap mau ambil bagian untuk menyuarakan segala aspirasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Buruh, ribuan buruh sudah terlihat memadati area Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Cakung, Cilincing, Jakarta Utara. Mereka sudah berkumpul sejak sekitar pukul 07.30 WIB.

Meski sudah dijadikan libur nasional, para buruh mengaku tetap mau ambil bagian untuk menyuarakan segala aspirasinya.

Ribuan buruh ini tergabung dalam Forum Buruh Lintas Pabrik (FBLP), Front Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI) Gabungan Solidaritas Perjuangan Buruh (GSPB) dan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI).

Adapun tuntutan yang mereka ajukan dan menjadi jargon di spanduk-spanduk yang mereka bawa, yaitu nasionalisasi aset-aset vital untuk pembiayaan pembangunan dalam negeri.

Kemudian mereka juga meminta, bangun industri nasional untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan penciptaan lapangan kerja, jaminan sosial dari pendidikan, kesehatan, dan perumahan gratis untuk rakyat.

"Tolak politik upah murah dan upah layak nasional sekarang juga. Hapus sistem kerja kontrak dan juga outsourcing," kata Ketua Umum Forum Buruh Lintas Pabrik (FBLP) Jumisih di Jakarta, Kamis (1/5/2014).

Kemudian, menurutnya, para ribuan buruh ini nantinya akan bergabung dan merapatkan barisan untuk berkumpul di depan Istana Merdeka. Rencananya mereka akan melalui jalan raya Cacing, dan menembus ke Pos 9 Pelabuhan, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Seluruhnya akan kumpul di Istana Merdeka. Nanti, selain dari KBN juga dari Pos 9 Pelabuhan. Estimasi massa saya belum tahu, yang pasti ribuan," ucap dia.

Sementara buruh-buruh yang ikut dalam aksi turun ke jalan, meneriakkan yel-yel "Buruh bersatu tak bisa dikalahkan!" sepanjang jalan dari Bekasi hingga area KBN. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini