Sukses

Jelang May Day, Kapolri Ingatkan Buruh Agar Tak Mengganggu

Diprediksi, pada May Day yang juga hari libur nasional, bakal terjadi demonstrasi buruh besar-besaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kesiagaan menyambut Hari Buruh Sedunia (May Day) tidak hanya berlangsung di daerah. Di ibukota, Markas Besar Polri juga sudah bersiap mengamankan May Day yang jatuh pada Kamis 1 Mei 2014.

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman menegaskan telah menyiapkan jajarannya untuk mengamankan peringatan May Day di seluruh Indonesia. "Seluruh Indonesia 250-an ribu personel. Tetapi tidak semua Polda ya, tapi tetap stand by walaupun tidak semua buruh ke jalan," kata Sutarman, Rabu (29/4/2014).

Diprediksi, pada May Day yang juga hari libur nasional, bakal terjadi demonstrasi buruh besar-besaran. Tapi, kata Sutarman, hal itu sudah diantisipasi dengan menerjunkan anggota Polri sebelum buruh turun ke jalan.

Pengamanan tidak hanya di lokasi aksi, tapi dimulai dari tempat kerja buruh atau kediamannya. "Titik-titik kumpul sudah kita amankan. Mulai dari perusahaan atau rumahnya, personel kita mengikuti," ujar Sutarman di Hotel Bidakara, Jakarta.

Sutarman menyebutkan, beberapa titik kumpul pengunjuk rasa yakni di bunderan Hotel Indonesia, gedung DPR, kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, bandara, dan sejumlah tempat strategis lain.

"Jauh sebelumnya, kita sudah bertemu teman, orang-orang tenaga kerja agar merayakan May Day dengan cara damai. Kalau bisa dengan kegiatan sosial, keagamaan, olahraga dan sebagainya, sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat," ucap Sutarman. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.