Sukses

Pasar Senen Dibangun Lagi Usai Lebaran, Rp 300 Miliar Disiapkan

Gedung Blok III Pasar Senen akan dibongkar rata dengan tanah, kemudian dibangun kembali dengan desain lebih modern.

Liputan6.com, Jakarta - Dilanda kebakaran hebat, peremajaan Blok III PD Pasar Senen dipercepat pelaksanaannya. Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis mengatakan pihaknya sendiri yang akan bertindak sebagai pengembang dan pengelola gedung baru tersebut.

"Pembangunan ini murni dengan modal PD Pasar Jaya sebesar Rp 300 miliar. Setelah Lebaran tahun ini akan dimulai pelaksanaan pembangunannya," kata Djangga ketika dihubungi, Rabu (30/4/2014).

Gedung Blok III Pasar Senen akan dibongkar rata dengan tanah, kemudian dibangun kembali dengan desain lebih modern. Rencananya, dibangun 4 lantai, yakni 2 lantai untuk kios pedagang dan 2 lantai lain untuk ruang bawah tanah sebagai lahan parkir.

Menurut Jangga, Jaya Real Property Tbk hanya bertugas sebagai kontraktor pembangunan. Namun, tidak menggunakan sistem Build Operate and Transfer (BOT) atau penyerahan aset kepada pemerintah. "Jaya Real Property itu akan bekerja untuk PD Pasar Jaya," tegas Djangga.

Sementara ini, para pedagang yang kiosnya habis dilalap api saat ini masih berjualan di sepanjang trotoar kawasan Pasar Senen. Tetapi nantinya mereka ditampung di tempat penampungan yang akan dibangun ‎di halaman pasar, taman samping pasar, dan di Blok V Pasar Senen.

"Di Blok III Pasar Senen, ada sekitar 3.096 tempat usaha. Kalau jumlah pedagang belum bisa kita pastikan jumlahnya," pungkas Djangga.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebelumnya mengatakan, pembangunan pasar darurat membutuhkan waktu 2 bulan. Pasar darurat rencananya akan dibangun untuk menampung pedagang korban kebakaran Pasar Senen.

"Yang penting secepatnya. Bergeser ke Blok V. Yang penting pedagang bisa berjualan," ujar Jokowi ketika meninjau Pasar Senen, Jakarta, Sabtu 26 April 2014.

Untuk pembangunan pasar darurat itu, Pemerintah Provinsi DKI akan mendata seluruh kios dan pedagang yang terdaftar berjualan di Pasar Senen. "Keadaan darurat ini memang pengen cepet. Agar semuanya dapet. Total kios 1.900. Pedagang sekitar 1.400," lanjut Jokowi.

Jika nanti pasar yang baru sudah berdiri, Jokowi berjanji menghapus Biaya Pengelolaan Pasar (BPP). Namun untuk bantuan modal hingga kini belum ada. "BPP, piutang yang lama dihapuskan," singkatnya.

Api melalap Pasar Senen sejak Jumat 25 April dini hari. Akibat kebakaran, 2.000 dari 3.200 kios hangus terbakar. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.