Sukses

Belum May Day, Ratusan Buruh Serbu Disnaker Kabupaten Tangerang

Mereka beraksi meminta segala persoalan perburuhan di wilayah tersebut diselesaikan tahun 2014.

Liputan6.com, Tangerang - Hari Buruh Internasional atau May Day belum berlangsung. Namun ratusan buruh sudah menggeruduk Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tangerang, Selasa (29/4/2014).

Mereka beraksi meminta segala persoalan perburuhan di wilayah tersebut diselesaikan tahun 2014. Ratusan buruh itu tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Tangerang.

Koordinator Aksi Eno mengatakan, tuntutan kali ini adalah agar permasalahan kasus buruh di Kabupaten Tangerang dapat segera diselesaikan. Karena sampai saat ini penyelesaian dinilai lambat.

"Banyak pengaduan buruh tidak terselesaikan oleh pihak Disnaker dan permasalahan buruh harus dapat diprioritaskan oleh pihak disnaker kab. Tangerang," ujarnya.

Eno menambahkan, masih banyaknya pengusaha yang memberikan upah tidak sesuai dengan UMK 2014 sebesar Rp 2,4 juta, dan dinilai telah melanggar keputusan yang sudah ditetapkan oleh Provinsi Banten.

"Kami juga meminta kepada pihak Disnaker agar menindak para perusahaan yang belum membayarkan gaji sesuai UMK 2014," ungkapnya.

Jika tak dituruti, para buruh mengancam menduduki Disnaker Kabupaten Tangerang, sampai ada pihak yang bersangkutan, memberi keputusan. "Kami akan tetap di sini," pungkas Eno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.